Ulfah Az Zahro, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Selesaikan Hafalan 30 Juz

Kabar dari MATQ Qoryatul Qur’an yang berkomplek di Dukuh Pucung Desa Karangmojo Kecamatan Weru, salah satu santri di sana bernama Ulfah Az Zahro, telah menyetorkan hafalan terakhir sehingga lengkap sudah 30 juz yang dihafalkannya.

Waktu menghafal Al-Qur’an yang dibutuhkan Ulfah adalah 2 tahun 10 bulan. Setoran terakhirnya adalah juz 25 yang disimak oleh Ustazah Dwi Kurniasari pada hari Senin, 6 Mei 2024 bertempat di halaman Syiria.

Ulfah adalah santri yang berasal dari Baleharjo, Mulur, Bendosari, Sukoharjo. Prestasi hafalan ini semoga membawa keberkahan bagi kampung halamannya. Juga membahagiakan kedua orang tuanya, Bapak Abdur Rozak Afifi dan Ibu Supriyati Murdaningsih.

Remaja yang terlahir sebagai anak ke-1 dari 4 bersaudara ini punya hobi traveling dan bercita-cita ingin menjadi seorang editor. Kelahiran Sukoharjo, 28 Februari 2006, dan kini duduk di kelas XlI Matiq A MATQ Qoryatul Qur’an.

Ulfah merasa senang dan sangat bersyukur bisa merasakan indahnya berjuang menyelesaikan hafalan Al-Qur’an. Sebuah proses yang baginya adalah tantangan yang dijalani dengan keikhlasan.

Ulfah Az Zahro
Ulfah Az Zahro

Sebagai bahan renungan, Ulfah mengutip salah satu ayat dalam Surat Yunus yang menerangkan tentang kezaliman yang dilakukan manusia sendiri sehingga merugikan dirinya.

إِنَّ اللهَ لاَ يَظْلِمُ النَّاسَ شَيْئاً وَلَـكِنَّ النَّاسَ أَنفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ ۝

Sesungguhnya Allah tidak menzalimi manusia sedikit pun, tetapi manusia itulah yang menzalimi dirinya sendiri.” (QS. Yunus 10: 44)

Ayat tersebut mengandung makna bahwa Allah dalam menciptakan manusia tidak mengurangi kualitas indra, akal, dan seluruh kekuatan yang mengantarkan manusia memperoleh petunjuk berupa kebaikan dan kemanfaatan kepada kebahagiaan dunia.

Ulfah dalam menghafal Al-Qur’an terbiasa menghafal dengan maknanya, sehingga baginya itu lebih memudahkan. Sebagai penutup ia berkata, “Don't forget for murajaah!”

Akhirnya, turut berdoa, semoga Allah ﷻ selalu memberi kemudahan untuk Ulfah Az Zahro dalam menjaga hafalan serta mengamalkannya. Semoga pencapaian hafalan yang diraihnya bisa menjadi motivasi untuk santri-santri yang lain. Aamiin.

Kontributor: Ustazah Tri Retno Iswati

Posting Komentar untuk "Ulfah Az Zahro, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Selesaikan Hafalan 30 Juz"