Zaeni Nurjazimah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Selesaikan Hafalan 30 Juz

Zaeni Nurjazimah, salah satu santri MATQ Qoryatul Qur’an yang duduk di kelas XII Matiq A berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz. “Alhamdulillah bisa merasakan nikmatnya menghafalkan Al-Qur’an,” ungkapnya bahagia.

Satu per satu juz dihafalkannya, sampailah ketika Zaeni menyetorkan hafalan terakhirnya yakni juz 27, yang disetorkan kepada Ustazah Shafna Awalia Mujahidah pada hari Selasa, 7 Mei 2024 di Gedung Syiria komplek Pucung Karangmojo.

Zaeni Nurjazimah membutuhkan waktu selama 2 tahun 10 bulan dalam menghafalkan Al-Qur’an hingga tuntas 30 juz. Untuk memudahkannya dalam menghafal, Zaeni sambil memahami makna tiap ayat yang dihafal.

Zaeni Nurjazimah
Zaeni Nurjazimah

Zaeni adalah anak kedua dari 4 bersaudara pasangan Bapak Rokhmadi dan Ibu Suryati yang beralamat di Gamping, Sidokumpul, Kendal, yang terlahir di Kendal, 5 Juli 2006.

Santri yang gemar olahraga badminton ini bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Dengan mengabdikan diri untuk kebaikan umat, Zaeni berharap bisa menggapai sukses dunia dan akhirat.

Zaeni kemudian mengutip salah satu ayat dalam Al-Qur’an yang menganjurkan agar bersabar dalam meniti jalan kebenaran dan tidak perlu gelisah hanya karena orang yang tidak meyakini kebenaran ayat Al-Qur’an.

فَاصْبِرْ اِنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّلَا يَسْتَخِفَّنَّكَ الَّذِيْنَ لَا يُوْقِنُوْنَ ۝

Maka bersabarlah engkau (Muhammad), sungguh, janji Allah itu benar dan sekali-kali jangan sampai orang-orang yang tidak meyakini (kebenaran ayat-ayat Allah) itu menggelisahkan engkau. (QS. Ar-Rum ayat 60)

Dari Surat Ar-Rum ayat 60 di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa betapa beratnya Nabi Muhammad ﷺ dalam menyebarkan agama Allah ﷻ. Banyak sekali cobaan dan cemoohan yang diberikan kepadanya.

Namun, Nabi Muhammad ﷺ tetap harus bersabar. Pada akhirnya, pengorbanan beliau dapat kita rasakan hingga saat ini. Dan itulah yang harus menjadi perhatian kita, menjadi teladan dalam berdakwah.

Akhirnya, turut berdoa, semoga Allah ﷻ selalu memberi kemudahan untuk Ulfah Az Zahro dalam menjaga hafalan serta mengamalkannya. Semoga pencapaian hafalan yang diraihnya bisa menjadi motivasi untuk santri-santri yang lain. Aamiin.

Kontributor: Ustazah Tri Retno Iswati

Posting Komentar untuk "Zaeni Nurjazimah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Selesaikan Hafalan 30 Juz"