Anita Ramadani, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Selesaikan Hafalan 30 Juz

Anita Ramadani bersyukur akhirnya berhasil menyelesaikan setoran hafalan Al-Qur’an 30 juz. “Alhamdulillah sudah merasa lebih lega,” ungkap santri MATQ Qoryatul Qur’an kelas XII Matiq A ini dengan perasaan bahagia.

Anita memerlukan waktu menghafalkan 30 juz selama 2 tahun 10 bulan. Setoran terakhirnya  juz 25, disimak oleh Ustazah Afifah pada hari Selasa, 7 Mei 2024 di komplek Pucung.

Menghafalkan Al-Qur’an adalah cara Anita memuliakan kitab suci umat Islam ini. Interaksi setiap hari menjadikannya makin cinta kepada Al-Qur’an. Dengan cinta maka semua menjadi mudah.

Anita Ramadani
Anita Ramadani

Meski Al-Qur’an turun menggunakan bahasa arab yang bukan bahasa ibu bagi para santri di PPTQ Qoryatul Qur’an, namun ternyata mereka tetap bisa menghafalkannya. Kemudahan ini adalah rahmat dari Allah ﷻ.

Allah ﷻ telah menjamin bahwa Al-Qur’an itu mudah dihafal. Sebagaimana telah disebutkan dalam Surat Al-Qomar ayat 17 menyatakan, “Dan sungguh, telah kami mudahkan Al-Qur'an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

Jaminan langsung dari Allah ﷻ pastilah tak mungkin melenceng. Tinggal yang jadi perkara adalah kita sebagai manusia punya tekad yang kuat atau tidak ketika ingin menghafal Al-Qur’an. Kemudahan akan datang pada mereka yang ikhlas dalam menghafalkannya.

Pada akhirnya, Allah ﷻ yang kemudian memilih siapa saja yang mampu menjadi penghafal Al-Qur’an karena niat dan ikhtiarnya yang kuat. Para penghafal Al-Qur’an akan mendapat kedudukan mulia di sisi Allah ﷻ.

Anita Ramadani berharap tuntasnya hafalan Al-Qur’an membawa keberkahan untuk kedua orang tuanya juga, yakni Bapak Sis Mariman dan Ibu Payem yang beralamat di Ngasinan, Watubonang, Tawangsari.

Terlahir sebagai anak ke-3 dari 3 bersaudara, Anita yang suka membaca dan menulis ini bercita-cita menjadi penulis. Semoga dengan begitu, ia mampu memberi manfaat pada umat dengan ilmunya.

Remaja kelahiran Sukoharjo, 27 Juni 2006 ini dalam menghafal agar mudah ingat maka dilakukan dengan mengulang-ulang bacaan. Berharap ia bisa istikamah dalam murajaah.

Akhirnya, turut berdoa, semoga Allah ﷻ selalu memberi kemudahan untuk Anita Ramadani dalam menjaga hafalan serta mengamalkannya. Semoga pencapaian hafalan yang diraihnya bisa menjadi motivasi untuk santri-santri yang lain. Aamiin.

Kontributor: Ustazah Tri Retno Iswati

Posting Komentar untuk "Anita Ramadani, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq A Selesaikan Hafalan 30 Juz"