Giat Penguatan Dakwah, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Takbir Keliling bersama Warga Jurang Pijiharjo Manyaran

Hari terakhir Ramadan tahun ini. Seluruh umat Islam bersiap menyambut Idulfitri 1445 H dengan beragam kegiatan. Yang paling dinanti kemeriahannya adalah takbiran, terutama takbir keliling.

Dalam rangka penguatan dakwah di daerah binaan, PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar acara takbir keliling bersama jemaah Masjid Fisabilillah di Dukuh Jurang, Desa Pijiharjo, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri.

Tim Dakwah bersama 11 santri kelas 3 MATQ Qoryatul Qur’an komplek Alasombo mendapat tugas dari pesantren untuk bersama warga Jurang menggelar takbir keliling, memeriahkan malam 1 Syawal 1445 H dengan hati gembira.

Tim Dakwah
Santri QQ komplek Alasombo bersama Tim Dakwah QQ di Dukuh Jurang

Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I berkenan turut hadir dalam kegiatan ini bersama beberapa asatiz dan ummahat yang meluangkan waktu untuk membersamai acara ini.

Tepatnya pada hari Selasa, 9 April 2024, Tim Dakwah dan para santri berangkat menuju Dukuh Jurang bakda Salat Asar. Meski cuaca mendung gelap dan gerimis sesekali mengguyur bumi, tapi tak menyurutkan langkah para pendakwah ini untuk berangkat ke sana.

Sesampainya di lokasi, tim disambut meriah dan ramah oleh anak-anak TPA serta beberapa jemaah masjid. Acara perdana dimulai pukul 16:30 WIB dengan sasaran dakwah anak-anak TPA sampai menjelang berbuka.

TPA Jurang
Kegiatan sore bersama anak-anak TPA

Beberapa permainan edukasi dan pembagian doorprize mewarnai kegiatan bersama para calon generasi penerus dakwah di Jurang tersebut. Hingga tibalah waktu azan Magrib berkumandang dan buka puasa bersama.

Setelah berbuka puasa dan melaksanakan Salat Magrib, tim beserta anak-anak TPA mengumandangkan takbir sembari menunggu tiba waktu Salat Isya untuk berjemaah bersama. Barulah setelah Isya dilanjutkan acara takbir keliling.

Pada acara pembukaan takbir keliling, Pak Larman selaku Kadus Jurang, menyampaikan rasa bersyukur dan sangat berterima kasih karena tim dari PPTQ Qoryatul Qur’an sudah mau berkunjung dan bersilaturahmi ke Dukuh Jurang.

Pembukaan takbir keliling juga diwarnai dengan penampilan hadrah dari para santri komplek Alasombo di bawah asuhan Ustaz Rio Maryono ini. Setelah itu, barulah kemudian obor mulai dinyalakan dan takbiran mengelilingi dukuh Jurang dimulai.

Takbiran
Takbir keliling meriah dengan obor menyala

Berkeliling sambil menyerukan takbir mengagungkan kuasa Allah ﷻ sebagai bentuk kesyukuran masih bertemu Ramadan dan berpuasa hingga akhir, kini hari kemenangan telah menjelang.

Puas berkeliling, seluruh peserta takbiran kembali ke Masjid Fisabilillah. Di sinilah kemudian dilanjutkan dengan tausiah oleh Ustaz Rio Maryono tentang 3 masjid yang dimuliakan Allah ﷻ dan pengenalan sejarah, kemuliaan, keberkahan, dan keistimewaan Masjidil Aqsa serta tanah Palestina.

Video QQ
Mengenal kegiatan pesantren melalui video

Acara masih berlanjut dengan mengenalkan dan memperlihatkan video-video kegiatan santri PPTQ Qoryatul Qur’an dengan harapan memotivasi anak-anak asli Jurang untuk lebih semangat dalam menuntut ilmu agama. Setelah itu, diakhiri penutupan dan tim berpamitan.

Semoga kegiatan ini bisa jadi penguatan dakwah di Dukuh Jurang, di mana sebagian besar masyarakatnya masih berproses mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam, meskipun para sesepuh masih memegang teguh agama Budha yang pernah mendominasi keyakinan masyarakat di sini.

Kontributor: Jery Ihsan & Azzam Musthofa

Posting Komentar untuk "Giat Penguatan Dakwah, Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Takbir Keliling bersama Warga Jurang Pijiharjo Manyaran"