Hadiri Halalbihalal Warga Kauman Karangwuni, Qoryatul Qur’an Terima Wakaf Tanah Bapak Warsito dan Sosialisasikan Program

Warga Dukuh Kauman, Desa Karangwuni, Kecamatan Weru, menggelar pengajian halalbihalal bertempat di tanah wakaf keluarga Bapak Warsito yang pada bulan Ramadan lalu telah diserahkan untuk kegiatan pendidikan Al-Qur’an Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman (Jatingarang).

Jajaran pengurus yayasan, direktorat, kepala komplek PPTQ Qoryatul Qur’an, dan Tim Dakwah hadir dalam kegiatan warga Kauman ini atas undangan dari panitia halalbihalal. Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I juga berkenan hadir.

Halalbihalal
Warga Kauman Karangwuni hadiri pengajian halalbihalal

Panitia halalbihalal telah menyusun acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 13 April 2024 bakda Salat Isya ini. Dipandu panatacara, yang membuka dengan menyampaikan maksud kegiatan malam ini.

Acara berlanjut dengan ikrar halalbihalal dari perwakilan pihak kepemudaan yang kemudian diterima oleh perwakilan dari para sesepuh Dukuh Kauman. Dengan sesi ini tentu harapannya bagi segenap warga Kauman bisa saling maaf-memaafkan.

Setelah prosesi ikrar, acara selanjutnya adalah serah-terima wakaf tanah disaksikan seluruh hadirin. Bapak Warsito memulai dengan mengucapkan selamat datang dan terima kasih pada hadirin. Juga apresiasi pada panitia.

Selanjutnya Bapak Warsito menyampaikan bahwa tanah pekarangan yang telah ada bangunan-bangunan berupa pendapa, gazebo, dan segenap fasilitas yang ada ini telah diwakafkan kepada Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman.

Pak Warsito Kauman Karangwuni
Bapak Warsito menginformasikan bahwa sudah mewakafkan tanah beliau

Beliau berharap dengan pengelolaan oleh pesantren, maka keberadaan tanah dan bangunan serta seluruh fasilitas yang ada ini akan bisa memberi manfaat untuk kemajuan ilmu keislaman bagi warga Kauman Karangwuni dan sekitarnya.

Ketua Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman Bapak H. Wiyana menyampaikan terima kasih atas wakaf dari Bapak Warsito ini. Beliau menyampaikan sekilas tentang PPTQ Qoryatul Qur’an. Menurut beliau, tanah wakaf ini akan menjadi komplek pesantren yang ke-10.

Beliau kemudian menyampaikan bahwa meskipun tanah dan bangunan ini sudah diwakafkan ke Qoryatul Qur’an, tapi warga tetap diperkenankan memanfaatkan untuk kegiatan yang positif baik keagamaan ataupun sosial, seperti pengajian atau arisan.

Bapak H. Wiyana
Ketua yayasan sampaikan terima kasih atas tanah wakaf Bapak Warsito

Bapak H. Wiyana tak lupa mendoakan semoga wakaf ini menjadi amal jariah bagi Bapak Warsito sekeluarga. Sebagai penutup, mewakili yayasan dan pesantren, beliau mengucapkan selamat Idulfitri 1445 H dan memohon maaf atas kesalahan yang ada.

Selanjutnya, prosesi serah-terima wakaf secara simbolis oleh Bapak Warsito yang diterima langsung oleh Ketua Yayasan Qoryatul Qur’an Kauman Bapak H. Wiyana terlaksana dengan lantunan basmalah, dengan nama Allah yang Maha Rahman Maha Rahim.

Serah terima wakaf
Serah terima tanah wakaf Bapak Warsito Kauman Karangwuni

Selanjutnya, acara sosialisasi program pemanfaatan tanah wakaf dan seluruh fasilitasnya yang disampaikan oleh Wadir Dakwah PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Bambang Wahyudi, SE.

Ustaz Bambang mengajak hadirin memikirkan generasi zaman sekarang yang banyak tantangannya, sehingga anak-anak perlu dibekali dengan ilmu agama dari usia dini dengan mempelajari dan menghafal Al-Qur’an.

Program awal akan dimulai dengan membuka griya tahfizh bagi anak usia dini. Sambil berjalan, nanti akan dikembangkan dengan program bagi usia lanjutannya, baik remaja maupun untuk orang tua.

Wadir Dakwah
Ustaz Bambang Wahyudi sampaikan sepintas program griya tahfizh

Semoga dengan Al-Qur’an yang kita hadirkan di Kauman Karangwuni ini akan menjadikan keberkahan dan kebermanfaatan. Pengelolanya nanti yang mengajar adalah asatiz PPTQ Qoryatul Qur’an.

Ustaz Bambang juga mengingatkan apa yang disebutkan Rasulullah Muhammad ﷺ dalam salah satu hadis beliau, bahwa Allah ﷻ akan meningkatkan derajat kita ketika mau belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.

Ustaz Bambang juga memohon dukungan seluruh masyarakat Kauman Karangwuni untuk suksesnya program dari pesantren. Setelah ini, nantinya akan dibentuk kepengurusan dengan kolaborasi antara pesantren dengan segenap tokoh masyarakat di Kauman Karangwuni ini.

Ustaz Junendro Rahmad
Tausiah Ustaz Junendro Rahmad dari Yogyakarta

Acara inti kedua adalah pengajian akbar halalbihalal yang disampaikan oleh Ustaz Junendro Rahmad dari Yogyakarta, yang menyampaikan tausiah dengan gaya lucu beliau sehingga meski sudah lewat pukul 21.00 WIB masih bisa menarik perhatian segenap hadirin.

Posting Komentar untuk "Hadiri Halalbihalal Warga Kauman Karangwuni, Qoryatul Qur’an Terima Wakaf Tanah Bapak Warsito dan Sosialisasikan Program"