Ustaz Ngatemin: Di Antara Golongan yang Dirindukan Surga adalah Orang yang Berpuasa di Bulan Ramadan

Tak lama lagi, Ramadan akan tiba. Perintah puasa di bulan Ramadan tentu adalah amalan berat, kecuali bagi yang berharap mendapatkan ampunan Allah, diterima Allah, dibebaskan azab dan masuk surga. Tanpa itu, maka puasa berat dilaksanakan.

Orang yang ingin selamat di hari akhir, maka akan melaksanakan ibadah yang disyariatkan oleh Allah. Baik itu salat, zakat, kajian, dan sebagainya, termasuk juga beribadah salat yang disyariatkan di bulan suci Ramadan.

Ustaz Ngatemin Semin
Ustaz Ngatemin mengajak jemaah sambut Ramadan dengan gembira

Kelak di akhirat akan celaka orang yang hanya memburu kebutuhan dunia dengan syahwatnya. Yang tidak mempersiapkan bekal untuk kembali kepada Allah, yakni bekal terbaik berupa ketakwaan.

Ramadan adalah tamu bagi kaum muslimin yang seyogianya disambut dengan gembira. Allah menawarkan surga dengan mengobral pahala berlipat ganda bagi yang memanfaatkan keberadan Ramadan dengan amal saleh, terutama puasa.

Puasa Ramadan adalah amalan yang istimewa. Termasuk salah satu amal yang menjadikan hamba Allah dirindukan oleh surga. Surga yang dirindukan banyak orang, ternyata merindukan 4 golongan manusia.

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al-Qur’an, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadan.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Tak diragukan lagi keutamaan membaca Al-Qur’an. Di antaranya mendatangkan pahala dan kebaikan, memberikan derajat dan wibawa lebih baik, memperoleh rahmat dan perlindungan malaikat, memberi syafaat di hari kiamat, hingga menghindarkan dari sesat dan celaka.

Orang yang menjaga lisan akan mendapatkan banyak kebaikan. Lisan yang dipakai untuk gibah, berkata kotor, apalagi memfitnah, maka akan berakibat buruk. Maka menjaga dari hal-hal itu adalah keniscayaan agar selamat dunia dan akhirat.

Kemudian bagi orang yang gemar memberi sedekah makanan, maka akan dirindukan oleh surga. Apalagi ketika bulan suci Ramadan, betapa banyak keutamaan memberi makan orang lapar karena puasa sehari penuh. Kita bisa mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa.

Berpuasa di bulan Ramadan diperintahkan Allah kepada orang beriman agar terbentuk pribadi bertakwa. Dan berpuasa di bulan Ramadan adalah amalan para hamba yang dirindukan oleh surga.

Resume kajian Ahad Pagi di Masjid Widad El Fayez, Komplek Asem Legi, Gabeng, pada 25 Februari 2024 oleh Ustaz Drs. H. Ngatemin, MA dari Semin, Gunungkidul

Posting Komentar untuk "Ustaz Ngatemin: Di Antara Golongan yang Dirindukan Surga adalah Orang yang Berpuasa di Bulan Ramadan"