Ridwan Aminudin, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Imtaq Tuntaskan Hafalan 30 Juz

Salah satu santri MATQ Qoryatul Qur’an kelas XII Imtaq komplek Alasombo bernama Ridwan Aminudin telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz. Prestasi yang menjadi impian para santri penghafal Al-Qur’an yang menjadikannya sebagai ahlul qur’an dan ahlullah (keluarga Allah).

Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)

Ridwan menyetorkan hafalan juz 25 sebagai setoran terakhir jadi genap 30 juz. Disimak oleh Ustaz Rio Maryono pada hari Senin, 11 Desember 2023 bertempat di Komplek 5 Alasombo. Untuk menyelesaikan hafalan 30 juz, ia menghabiskan waktu sekitar 2 tahun 5 bulan.

Ridwan Aminudin
Ridwan Aminudin

Ridwan adalah anak ke-2 dari 4 bersaudara, pasangan Bapak Nursidi dan Ibu Siti Uminatun. Berasal dari Sragen. Semoga dengan menjadi hafiz Qur’an bisa mengangkat derajat kedua orang tua Ridwan ke tempat yang tinggi di hadapan Allah. Salah satu keutamaan para penghafal Qur’an adalah memberikan mahkota surga untuk orang tua di akhirat kelak.

Siapa yang menghafal Al-Qur’an, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Qur’an.” (HR. Hakim).

Santri kelahiran Sragen, 4 Oktober 2005 ini memiliki kegemaran olahraga dan kelak bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Semoga Allah memudahkan dalam menggapainya, sehingga semakin bermanfaat bagi banyak orang.

Kiat yang dilakukan Ridwan selama ini adalah dengan dibaca terus dipahami artinya, lalu dihafal. Yang pasti, ia juga mengakui, dalam menghafal memang butuh ketelatenan. “Tetap semangat, berdoa harapan akan selalu ada,” katanya.

Semoga dengan hafalan ini, Ridwan bisa mendapat kedudukan di surga disesuaikan dengan banyaknya ayat yang dihafal. Ditawarkan kepada penghafal Al-Qur’an, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan Al-Qur’an ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

“Alhamdulillah semoga menjadi lebih baik lagi,” kata Ridwan penuh rasa haru dan bahagia. “Untuk teman-teman, mari bersama-sama jangan lupa murajaah.”

Semoga Allah memudahkan Ridwan dalam menjaga hafalannya, tetap istikamah menjalani hidup bersama Al-Qur’an, mampu menjadikan Al-Qur’an sebagai panduan dalam hidup ini, mulia bersama Al-Qur’an. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Wahyu Almanda

Posting Komentar untuk "Ridwan Aminudin, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Imtaq Tuntaskan Hafalan 30 Juz"