Nasihat Syekh Muzhaffar untuk Para Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Jelang Liburan Semester

Setelah selesai menempuh tes Penilaian Akhir Semester (PAS) tahun ajaran 2023/2024, para santri PPTQ Qoryatul Qur’an akan memasuki masa liburan sekolah, pulang kembali ke rumah berkumpul keluarga dalam waktu 2 pekan.

Sebagaimana edaran yang telah diterbitkan pondok, dengan Nomor 098/QQ/PPTQ-QQ/XII/2023 Hal Pemberitahuan Rapotan dan Liburan Santri Semester Gasal Tahun 2023, maka seluruh santri unit MTs dan MA Matiq/Imtaq akan segera menikmati liburan.

Melalui surat edaran tersebut, diinformasikan bahwa sesuai dengan kalender pendidikan PPTQ Qoryatul Qur’an bahwa pembagian rapor akan dilaksanakan pada Sabtu, 23 Desember 2023 di setiap komplek dan sekaligus terhitung sebagai awal liburan.

Adapun syarat pengambilan rapor semester gasal harus sudah membayar syahriah sampai dengan bulan Desember 2023. Kemudian santri kembali ke pesantren pada hari Sabtu, 6 Januari 2024 paling lambat pukul 17.00 WIB.

Sebelum tiba waktu liburan, Syekh Muzhaffar Annawati asal Palestina yang tengah mengajar Al-Qur’an di PPTQ Qoryatul Qur’an berkenan menyampaikan nasihat untuk para santri.

Syekh Palestina
Santri MTsTQ Qoryatul Qur'an dan Syekh Palestina

Nasehat ini disampaikan oleh Syekh Muzhaffar usai mengisi kajian syuruq untuk santri MTs Qoryatul Qur’an komplek Asemlegi, Gabeng, pada suatu pagi di hari Kamis, 21 Desember 2023.

Setidaknya ada 4 poin yang menjadi perhatian Syekh Muzhaffar, yang menurut beliau harus dilaksanakan oleh para santri selama perpulangan liburan sekolah.

  1. Sarana untuk mengecas semangat
  2. Menjadi duta pesantren dengan membawa nama baik pesantren
  3. Berbakti dan silaturahim dengan orang tua juga kerabat
  4. Tetap ingat akan kewajiban yakni salat, zikir, dan tilawah Al-Qur’an

Pesan Syekh Muzhaffar agar santri menjadikan liburan ini sebagai liburan yang spesial, yang beda dengan orang-orang pada umumnya, dan menjadikan setiap santri sebagai duta pesantren yang membawa nama baik pesantren.

Pesan atau nasihat yang disampaikan Syekh, secara umum juga bisa menjadi nasihat untuk seluruh santri PPTQ Qoryatul Qur’an yang hendak liburan, jadi tak hanya untuk MTs, nasihat tersebut juga bisa menjadi pesan untuk santri unit MA.

Demikian adalah bentuk rasa cinta dan kasih sayang Syekh Muzhaffar kepada anak-anak didik di PPTQ Qoryatul Qur’an. Beliau berharap kebaikan untuk seluruh santri, sekaligus menjadikan santri pembawa kebaikan untuk sekitarnya di manapun berada.

Akhirnya, selamat menikmati liburan akhir semester bagi seluruh santri PPTQ Qoryatul Qur’an. Tetap ingat nasihat para asatiz, termasuk apa yang disampaikan Syekh Muzhaffar tersebut. Semoga tiap langkah kita mendapatkan rida dari Allah ﷻ. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Nasihat Syekh Muzhaffar untuk Para Santri PPTQ Qoryatul Qur’an Jelang Liburan Semester"