Pembagian Hasil Belajar Santri MITQ Qoryatul Qur’an dan Kajian Parenting bersama Syaikhah Ummu Ismail dari Gaza Palestina

Jumat, 22 Desember 2023. Para wali santri MITQ Qoryatul Qur’an menghadiri acara pengambilan rapor putra-putrinya setelah tes semester gasal tahun ajaran 2023/2024. Seperti biasa, sebelum menerima rapor, bapak-ibu wali santri yang hadir diminta berkumpul dulu ke ruang pertemuan.

Pertemuan wali santri dengan para asatiz ini sebagai sarana bersilaturahmi, saling sapa, melaporkan beragam kegiatan MITQ Qoryatul Qur’an selama satu semester. Laporan kegiatan dipresentasikan melalui tayangan video visual, menjadi bentuk tanggung jawab madrasah kepada orang tua yang mengamanahkan putra-putri belajar di MITQ.

Pertemuan ini juga sebagai sarana penyampaian info dan arahan dari Kepala MITQ Qoryatul Qur’an Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I tentang apa saja yang perlu orang tua pantau dan lanjutan terkait pendidikan anak selama masa liburan nantinya.

Kajian parenting QQ
Syaikhah Ummu Ismail sampaikan kajian parenting

Kemudian, dilanjut kajian parenting yang disampaikan oleh Syaikhah Ummu Ismail dari Gaza, Palestina, istri dari Syekh Muzhaffar Annawati. Penyampaian materi Syaikhah Ummu Ismail didampingi Ustazah Istianah sebagai penerjemah.

“Kewajiban orang tua terhadap anak, tidak hanya sebatas memberikan sandang, pangan, papan, serta pendidikan yang baik. Ada yang lebih penting daripada itu semua, yaitu suplai nutrisi akal sebagaimana pentingnya makan dan minum bagi jasmani anak,” kata Syaikhah memulai materi.

Menurut Syaikhah, wajib bagi kita, para orang tua, untuk mengisi akal anak-anak kita dengan ilmu yang bermanfaat. “Ajarkan Al-Qur’an sejak usia dini,” kata Syaikhah menekankan. “Membaca dan menghafal surat demi surat, dengan bacaan dan tahsin yang benar.”

Sebagian besar orang tua tentu menunggu-nunggu akhir semester, penasaran dengan peringkat anak-anak di sekolah, dan akan sangat gembira dengan keberhasilan anak saat mengambil rapor. “Akan tetapi, saya ingin menyampaikan satu poin penting, bahwa catatan hasil belajar yang baik itu harus mencakup poin untuk mengingat Allah, salat tepat waktu, mengulang-ulang hafalan Qur’an.”

Menurut Syaikhah, akal anak itu harus selalu diasah dengan ilmu, sehingga apa yang pernah dihafalkan tidak hilang. “Seharusnya kita menjaga anak kita selama liburan. Jangan kita biarkan anak-anak menghabiskan waktunya untuk bermain saja.”

Syaikhah Ummu Islami turut berdoa semoga Allah memberkahi acara yang mulia ini. Juga berharap, semoga ini menjadi hari yang menyenangkan dalam kehidupan, serta menjadi penebus semua jerih payah para ibu yang berjuang siang malam untuk mendidik anak-anak.

Pembagian rapor MITQ
Suasana pembagian rapor

“Tatkala menerima hasil rapor dengan hasil yang memuaskan, maka semua kelelahan bapak-ibu langsung terlupakan. Selamat dan sukses atas capaian prestasi putra-putri bapak-ibu semua,” pungkas Syaikhah.

Demikian kegiatan di MITQ Qoryatul Qur’an di akhir semester gasal ini, semoga mutu pendidikan madrasah dan pesanten secara umumnya, semakin meningkat, sehingga segenap visi dan misi PPTQ Qoryatul Qur’an bisa terwujud, turut membumikan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. Selamat berlibur untuk para santri MITQ, jangan lupa tetap lanjutkan aktivitas positif di rumah.

Posting Komentar untuk "Pembagian Hasil Belajar Santri MITQ Qoryatul Qur’an dan Kajian Parenting bersama Syaikhah Ummu Ismail dari Gaza Palestina"