Innalillahi, Telah Berpulang Ustaz Sukino, Mudir Pertama PPTQ Qoryatul Qur’an

Kabar duka tersiar, telah berpulang Ustaz H. Sukino, M.Pd, mudir pertama PPTQ Qoryatul Qur’an. Pesan demi pesan di berbagai grup WhatsApp, diiringi ucapan turut berduka cita dan doa dari setiap anggotanya.

Flyer belasungkawa pun terbit dari berbagai elemen Islam dan pesantren-pesantren, sebagai bukti keterlibatan almarhum ketika masih sehat dulu, dalam giat dakwah. Semoga ini menjadi saksi di hadapan Allah ﷻ nantinya.

Flyer duka cita
Flyer ucapan duka cita dari Qoryatul Qur'an

Ustaz Sukino meninggal dunia setelah dirawat beberapa lama di Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo, pada hari Kamis, 9 November 2023 sekira pukul 15.00 WIB. Almarhum diuji sakit cukup lama, sekira 5 tahun belakangan ini. Semoga menjadi penghapus dosa-dosa almarhum.

Selama sakit, istri beliau mendampingi dengan setia dan merawat penuh kesabaran. Bu Siti Maesaroh bahkan mengatakan, “Saya merawat Bapak ini, kalau ingat Palestina, tidak ada apa-apanya.”

Sungguh sosok teladan nyata bagi para muslimah. Sosok tegar dan setia dalam mendukung dan mendampingi seorang pejuang dakwah hingga pejuang itu Allah ﷻ istirahatkan untuk selamanya.

Rumah duka
Suasana malam di rumah duka

Ustaz Sukino adalah orang tua dari Ustazah Aflah Mar'atush Sholihah, mertua Ustaz Hartanto Al Hafizh, direktur operasional PPTQ Qoryatul Qur’an.

Pendiri sekaligus Mudir pertama PPTQ Qoryatul Qur’an ini aktif dalam setiap kegiatan keislaman khususnya di Kecamatan Weru. Almarhum tercatat pernah menjabat menjadi Kepala Badko TPQ Kecamatan Weru yang berjuang dalam pendidikan generasi Islam.

Ustaz Sukino juga menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMK Muhammadiyah Watukelir pada 2000-2017. Juga aktif dalam dakwah di Persyarikatan Muhammadiyah Cabang Weru.

Para santri PPTQ Qoryatul Qur’an dari seluruh komplek dan unit secara bergantian takziah ke rumah duka dan menyalatkan almarhum, didampingi asatizah masing-masing.

Ustaz Sukino dipanggil Allah ﷻ dalam usia 63 tahun, meninggalkan seorang istri dan 2 anak perempuan yang masing-masing telah menikah. Almarhum juga sudah dikaruniai 3 cucu. Merekalah yang akan meneruskan segala perjuangan Ustaz Sukino.

Kepala desa Tegalsari
Kepala Desa Tegalsari memamitkan almarhum

Atas kesepakatan pihak keluarga, jenazah dimakamkan ke Astanalaya Kulon Ganggang. Berangkat dari rumah duka, Dukuh Sraten RT 03 RW 06 Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, pada hari Jumat, 10 November 2023 pukul 10.00 WIB.

Sebelum pemberangkatan jenazah ke peristirahatan terakhir, Ustaz Wiyana mewakili PPTQ Qoryatul Qur’an, menyampaikan ucapan belasungkawa. Beliau merasa sangat kehilangan, apalagi ketika mengingat betapa perjuangan almarhum semasa hidup.

Ustaz Wiyana
Atur panglipur Ustaz Wiyana

Kehilangan Ustaz Sukino memang meninggalkan duka mendalam. Tapi mau apa lagi, Allah ﷻ yang menciptakan dan tempat kita semua kembali. Untuk itu, beliau mengajak semua untuk mengikhlaskan kepergiannya.

Ustaz Ihsan Saifudin
Ustaz Ihsan Saifudin memimpin doa

Acara ditutup dengan doa, yang dipimpin oleh Ustaz Ihsan Saifudin. Semoga Allah ﷻ menempatkan almarhum Ustaz Sukino di tempat terbaik di sisi-Nya. Menerima amal ibadah almarhum selama hidup, mengampuni dosa, dan memberikan gelar husnul khatimah padanya.

Pemakaman
Suasana pemakaman

Posting Komentar untuk "Innalillahi, Telah Berpulang Ustaz Sukino, Mudir Pertama PPTQ Qoryatul Qur’an"