IPHI Kecamatan Weru Kembali Gandeng QQ Peduli Gelar Aksi Donor Darah di Bulan November 2023

Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Weru sebagai organisasi yang berkiprah di bidang sosial kemasyarakatan, rutin menyelenggarakan acara donor darah, setiap 3 bulan sekali. Menjadi salah satu upaya dari organisasi yang beranggotakan orang yang sudah berhaji ini untuk berkiprah pada masyarakat.

IPHI Weru kembali menggandeng QQ Peduli yang merupakan unit sosial dari PPTQ Qoryatul Qur’an untuk menjadi panitia kegiatan yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sukoharjo ini.

“Sebenarnya jadwal kita bulan Oktober kemarin untuk mengadakan aksi donor darah ini,” kata Ustaz Adi Prayogo, koordinator QQ Peduli. “Terkendala padatnya permintaan acara donor di PMI Sukoharjo, sehingga kita mundur ke bukan November ini.”

Acara donor darah dengan tema “Setetes Darah Kita, Menyelamatkan Nyawa Orang” ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 November 2023 di Gedung IPHI Weru, Dukuh Tlemek, Desa Karanganyar, Kecamatan Weru.

Semenjak dibuka sekira pukul 08.00 WIB, masyarakat Weru dan sekitarnya mulai berdatangan untuk mendonorkan darahnya. Dari PPTQ Qoryatul Qur’an sendiri telah mengimbau santri dan asatiz untuk turut berpartisipasi.

Donor darah
Donor darah di Gedung IPHI Weru

Kegiatan ini juga melibatkan para mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an yang bertugas jaga kendaraan peserta donor, menjaga bagian registrasi, bagian snack untuk hadirin, dan membantu kesiapan teknis lainnya.

Donor darah kali ini, seperti biasa, dihadiri banyak tokoh masyarakat di Kecamatan Weru. Dari puskesmas, polsek, koramil, pengurus harian IPHI, dan sebagainya. Mereka turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini.

Sementara dari PPTQ Qoryatul Qur’an, secara bergantian dari tiap komplek berdatangan untuk mendonorkan darah. Dari asatiz hingga para santri yang bersedia dan memenuhi persyaratan.

“Syarat donor darah usia minimal 17 tahun, maksimal 60 tahun,” kata Ustaz Adi Prayogo. “Berat badan minimal 48 kg. Kondisi sehat jasmani dan rohani. Tidak sedang mengonsumsi obat.”

Pendonor darah juga tidak menderita penyakit menular seperti hepatitis, syphilis, dan sebagainya. Bagi wanita tidak sedang hamil, menyusui, atau menstruasi.

Menurut penjelasan koordinator QQ Peduli ini, bagi yang mau donor darah hendaklah makan terlebih dahulu. Malamnya juga istirahat yang cukup. Jadi kondisi benar-benar sedang segar.

Warga yang ingin donor bisa langsung ke Gedung IPHI Weru, mengisi daftar hadir, kemudian menandatangani informed consent yang berisi identitas, riwayat kesehatan, dan bersedia darahnya diperiksa terlebih dahulu.

Hasil donor darah

Kegiatan berakhir ketika tiba waktu Salat Zuhur. Dari catatan panitia, ada sejumlah 122 orang yang datang. Yang melakukan skrining 114 orang, tidak lolos 12 orang. Hasil donor kali ini berhasil mendapatkan 102 kantong darah.

Posting Komentar untuk "IPHI Kecamatan Weru Kembali Gandeng QQ Peduli Gelar Aksi Donor Darah di Bulan November 2023"