PPTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Upacara Hari Santri bersama Forum Komunikasi Pondok Pesantren di Bulakrejo, Sukoharjo

PPTQ Qoryatul Qur’an hadiri upacara bendera yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Sukoharjo dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2023.

Upacara yang dilaksanakan hari Ahad, 22 Oktober 2023 ini bertempat di Pondok Pesantren Daarul Hidayah Bulakrejo, Sukoharjo, dengan peserta dari berbagai pesantren anggota FKPP Kabupaten Sukoharjo.

Upacara hari santri
Upacara di Bulakrejo, Sukoharjo

Yang diutus mewakili PPTQ Qoryatul Qur’an adalah para santri kelas 12 MA putra dari komplek Alasombo sejumlah 32 anak, didampingi Ustaz Muhammad Negus, Ustaz Rio Maryono, dan Bang Maulana.

Sebelum berangkat, Ustaz Negus sempat menyampaikan beberapa hal. Di antaranya agar seluruh santri menghadirkan niat yang ikhlas hanya untuk Allah semata.

Ustaz juga mengingatkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di mana para santri dan kyai menjadi pejuang tangguh, maka tak ada alasan bagi kita untuk gampang mengeluh.

Kepala komplek Alasombo ini tak lupa berpesan agar para santri senantiasa menjaga adab di mana pun berada. “Hakikat perjuangan para santri dalam memerdekakan Republik Indonesia ini adalah untuk menjadikan Islam sebagai rahmatan lil alamin,” tegasnya.

Upacara Hari Santri Nasional tahun 2023 ini telah diagendakan jauh-jauh hari, karena merupakan hasil musyawarah para pimpinan pesantren se-Kabupaten Sukoharjo pada tanggal 27 September 2023 di Pondok Pesantren Modern Sangen.

Hari Santri Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Oktober. Penetapan itu tidak lepas dari peran santri dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 22 Oktober 1945 tercetusnya fatwa Resolusi Jihad oleh KH Hasyim Asy’ari berisi kewajiban berjihad untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dengan melawan penjajah yang masih berada di Indonesia.

Hari Santri Nasional 2023 mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema ini memberi pesan bahwa peringatan Hari Santri tahun ini ingin merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan melawan kebodohan.

Foto bersama
Foto bersama usai upacara

Selain adanya utusan santri mengikuti upacara bendera di Pondok Pesantren Daarul Hidayah Bulakrejo, Sukoharjo, di setiap komplek PPTQ Qoryatul Qur’an juga menyelenggarakan upacara peringatan Hari Santri Nasional. Semoga makin meningkatkan semangat santri berbakti untuk Negeri.

Kontributor: Ustaz Muhammad Negus

Posting Komentar untuk "PPTQ Qoryatul Qur’an Ikuti Upacara Hari Santri bersama Forum Komunikasi Pondok Pesantren di Bulakrejo, Sukoharjo"