PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Gelar Upacara Hari Santri Nasional 2023

Ahad, 22 Oktober 2023 adalah hari yang istimewa bagi kalangan santri, karena pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Banyak acara digelar para santri dari berbagai pesantren di seluruh Indonesia.

Tak ketinggalan pula, PPTQ Qoryatul Qur’an turut mengutus santri mengikuti upacara yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kabupaten Sukoharjo, bertempat di Pondok Pesantren Daarul Hidayah Bulakrejo, Sukoharjo.

Selain itu, seluruh komplek PPTQ Qoryatul Qur’an juga menggelar upacara. Seperti yang dilaksanakan di komplek Jetis, Krajan, yang menggelar peringatan Hari Santri Nasional sekira pukul 07.30 WIB.

Upacara yang diikuti sejumlah 30 santri kelas 3 MA Imtaq dan para asatizah komplek Jetis ini dipimpin oleh Ustaz Imam Yogo Al Hafizh selaku pembina upacara.

Hari Santri Nasional 2023
Upacara Hari Santri di komplek Jetis, Krajan

Kepala komplek Jetis ini menyampaikan amanat kepada para santri agar selalu punya semangat perjuangan seperti para santri pada zaman dulu. Santri yang berjihad mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di bawah komando para kyai mereka.

Semangat berjuang itu harus diwarisi oleh para santri setiap zaman, terutama untuk menegakkan Islam agar menjadi rahmat bagi seluruh alam, memberkahi Negeri kita tercinta ini.

Ustaz Imam mengimbau para santrinya untuk selalu semangat dalam belajar, sebagai cara mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para santri dahulu. Juga bersemangat dalam menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz.

Ustaz tak lupa mengingatkan bahwa sekarang ini, saudara-saudara kita di Palestina berjuang untuk tegaknya Islam dengan darah, harta, dan nyawa. Untuk itu, di Negeri kita yang damai hendaklah berjuang untuk Islam dengan belajar dan menjadi santri yang beradab tinggi. 

“Al-Qur’an tidak hanya untuk dibaca dan dihafal,” kata Ustaz Imam Yogo mengingatkan para peserta upacara, “tetapi hendaklah juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Upacara berlangsung khidmat dan lancar. Para santri pun mengikuti dengan tenang tanpa ada yang berani bercanda sedikit pun. Semua merenungkan amanat dari pembina upacara.

Semoga para santri di mana pun berada, tetap semangat berjihad untuk menjayakan Negeri, seperti tema Hari Santri Nasional tahun 2023 ini: “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Kontributor: Ustazah Arytamala

Posting Komentar untuk "PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Gelar Upacara Hari Santri Nasional 2023"