Pesan dan Doa Ustaz Edi Casedi Akhiri Acara Khotmul Qur’an PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Pucung

PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Pucung menyelenggarakan acara Khotmul Qur’an sebagai apresiasi kepada para santriwati yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz. Acara sukses dilaksanakan bakda Asar di pendapa komplek pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Pada acara ini, Ustaz Nasrudin Al Hafizh, kepala komplek, berhalangan hadir karena mengikuti kunjungan kelembagaan ke Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3) di Wonolelo, Sawangan, Magelang. 

Ustaz Nasrudin hanya menitipkan pesan untuk santri khotimat, bahwa inilah saatnya memperjuangkan apa yang telah dihafalkan untuk kemudian direalisasikan dan diamalkan.

“Jangan lupa selalu kirim doa terbaik untuk para sesepuh, asatizah dan orang tua, serta keluarga muslim di Bumi Gaza,” begitu di antara pesan beliau.

Ustazah Kesantrian yakni Ustazah Ummi Lathifah juga berhalangan hadir dalam acara ini, beliau hanya bisa menitipkan salam dan ucapan selamat untuk para khotimat yang mengikuti proses Khotmul Qur’an.

Acara berlangsung dengan khidmat dan diwarnai suasana haru. Pada acara yang terakhir yakni pesan dan doa, disampaikan oleh Kepala Unit MA Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I, M.P.I. yang menjabat sebagai Waka Akademik dan Kepondokan Komplek.

Ustaz Edi Casedi
Ustaz Edi Casedi sampaikan pesan dan doa

Ustaz Edi Casedi mengingatkan kembali kepada para santri khotimat, bahwa selesai hafalan 30 juz bukanlah titik akhir, tapi harus selalu menjaga dan mengamalkannya.

“Kalau kita buka Al-Qur’an maka tidak ada kata: احفظوا القرآن (hafalkan Al-Qur’an). لماذا؟ (Mengapa?)” tanya Ustaz Edi. Lalu menjawabnya sendiri:

لأنّ العبرة ليس بالحفظ لكنّ العبرة بتلاوة وعمل به.

“Karena yang menjadi indikator orang layak mendapatkan syafaat di akhirat nanti bukanlah orang yang berhenti pada menghafal saja, akan tetapi orang yang selalu membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya.”

Akan tetapi, lanjut Ustaz Edi Casedi, kita tetap juga harus menghafalkannya, karena dengan menghafalnya itu memudahkan kita semua di manapun dan ada tidaknya mushaf di tangan kita, kita akan tetap membacanya.

“Membaca Al-Qur’an itu adalah cahaya di dunia dan tabungan di akhirat,” kata Ustaz Edi menekankan.

Lalu di akhir pesan beliau menyampaikan, bahwa ada 3 surat dalam Al-Qur’an yang akan ber-hujjah untuk pembacanya dari azab di akhirat nanti, yaitu Surat Al Baqarah, Surah Ali Imran, dan Surat Al Mulk.

“Dan Alhamdulillah para santriwati setiap harinya membaca Surat Al Mulk ketika kegiatan Tazkiyatunnufus dan sebelum tidur,” kata Ustaz Edi.

Menutup seluruh rangkaian acara Khotmul Qur’an, Ustaz Edi Casedi kemudian berdoa untuk kebaikan semuanya. Dengan demikian, selesailah acara sore hari ini. Semoga Allah ﷻ memberkahi kita semuanya. Aamiin ya Rabbal Alamin.

Kontributor: Ustazah Salsa Ayu Ceria

Posting Komentar untuk "Pesan dan Doa Ustaz Edi Casedi Akhiri Acara Khotmul Qur’an PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Pucung"