Penampilan Kreasi Santri MI TQ Qoryatul Qur’an di Kemah Ceria Hari Pramuka

Senin, 14 Agustus 2023. Para santri MITQ Qoryatul Qur’an kelas 3 mengikuti kegiatan Kemah Ceria dalam rangka peringatan Hari Pramuka. Sekira pukul 20.30 WIB, digelar acara penampilan kreativitas para santri dan pemutaran video.

Acara dilaksanakan di luar tenda yang menjadi halaman kemah. Dihadiri para wali santri yang juga ingin menjenguk putra-putrinya yang akan menginap di tenda.

Hadir juga sebagai tamu undangan kegiatan malam ini, jajaran asatidz PPTQ Qoryatul Qur’an baik dari direktorat, wadir, kepala komplek, kepala unit, tim dakwah dan media.

Ada Ustaz Hartanto, Ustaz Bambang Wahyudi, Ustaz Agus Umar, Ustaz Muhammad Negus, Ustaz Edi Cassedi, Ustaz Imam, Ustaz Nasrudin, Ustaz Luthfi Zubaidi, Ustaz Aldi Hermawan, Ustaz Ilyas, dan Ustaz Muhammad Ikhsanudin.

Kegiatan dipimpin Ustaz Abdul Mu'in, S.Pd.I yang memandu acara. Untuk pertunjukan kreativitas santri dipandu Ustaz Heksa. Kreasi santri di antaranya adalah pembacaan puisi yang ditampilkan oleh Dik Dama dan Dik Faza.

Kemah QQ
Suasana di halaman tenda
Dama MITQ QQ
Dik Dama bacakan puisi
Baca puisi
Dik Faza bacakan puisi

Penampilan nadhom bersama-sama oleh Dik Atira, Dik Asya, Dik Afifah, Dik Ifa, Dik Cloris, Dik Mutiara, Dik Lila, Dik Dafa, Dik Haqi, Dik Musa, Dik Izzy, Dik Tegar, Dik Gibran, dan Dik Qutaibah.

Nadhom
Penampilan santri membawakan nadhom

Setelah anak-anak tampil, Ustaz Abdul Mu'in menyimpulkan bahwa ternyata tampil ke depan orang banyak itu tidaklah mudah. Butuh mental yang kuat. Maka dari itu, kita harus menghargai siapa saja yang berbicara di depan.

Siapa yang sering bicara di depan? Mereka adalah para asatidz di depan kelas. Maka marilah kita belajar untuk menghargai ustaz-ustazah dengan memperhatikan saat mereka berbicara mengajari kita, kata beliau.

Selanjutnya, santri diajak menonton video sejarah pramuka. Dari video yang diputarkan oleh Ustaz Agus Tansyah, santri mendapat wawasan bahwa pramuka dunia didirikan pada tanggal 25 Juli 1907 oleh Robert Baden Powell.

Robert Baden Powell menjabat sebagai Letnan Jenderal militer Inggris yang mengadakan perkemahan. Diketahui sejak kecil, Robert Baden Powell menaruh perhatian pada alam dan sangat suka menjelajah hutan yang ada di sekitar sekolahnya.

Gerakan Pramuka di Indonesia, yang sebelumnya dikenal dengan nama Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana, menjadi organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

Setelah video tentang sejarah pramuka, dilanjutkan pemutaran video tentang perjuangan orang tua dalam membesarkan anak-anaknya. Diharapkan dengan melihat video tersebut, menyadarkan santri akan besarnya jasa kedua orang tua.

Kegiatan malam ini berjalan dengan lancar tanpa kendala. Sebelum para orang tua pulang dan santri masuk ke tenda untuk istirahat, acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ustaz Didik Efendi.

Posting Komentar untuk "Penampilan Kreasi Santri MI TQ Qoryatul Qur’an di Kemah Ceria Hari Pramuka"