Semarak 1 Muharram 1445 H, Beragam Kegiatan Digelar PPTQ Qoryatul Qur’an Sambut Tahun Baru Islam

Awal tahun hijriah ke 1445 membawa semangat baru, terlebih dalam dunia pendidikan karena beriring dengan tahun ajaran baru 2023/2024. Tanggal 1 Muharram 1445 H tepatnya bersamaan dengan tanggal 19 Juli 2023 M, merupakan awal masuk sekolah, termasuk di Pesantren Qoryatul Qur’an.

Sebagai salah satu upaya mengakrabkan santri baru dengan sesamanya dan juga dengan kakak kelas maupun para asatidz, berbagai kegiatan dirancang oleh panitia Semarak 1 Muharram 1445 H. Pelaksanaannya di setiap unit pendidikan dan komplek masing-masing.

Pawai 1 Muharram 1445
Pawai 1 Muharram 1445 H

Anak-anak dari unit MITQ Qoryatul Qur’an komplek Asem Legi, Gabeng, menyambut tahun baru Islam dengan mengadakan pawai. Terlihat sekali keceriaan para santri usia sekolah dasar tersebut. Mereka bisa bercengkerama dan bercanda ria dengan teman-teman baru, terutama yang kelas 1 atau baru masuk MITQ tahun ini.

Lomba voli
Lomba voli santri MTs dan MA QQ

Dari Komplek Kauman, para santri MTs dan MA putra melaksanakan lomba futsal, voli, dan perang air. Keseruan ragam lomba tersebut diharapkan menjadi sarana keakraban santri baru, karena pembagian tim tidak berdasar kelas ataupun asrama. Dilaksanakan outdoor dengan tujuan membentuk pribadi santri yang kuat dan mampu bekerja sama.

Lomba kaligrafi
Lomba kaligrafi

Kemudian, laporan kegiatan Semarak 1 Muharram dari unit MTs putri di Komplek Asem Legi, Gabeng, diawali dengan khataman Al-Qur’an dan bersih-bersih komplek. Kemudian dilanjut dengan lomba Cerdas Cermat Islam (CCI), lomba tahfizh, hafalan, dan pengetahuan tentang Al-Qur’an serta lomba kaligrafi. Rangkaian kegiatan di Asem Legi, ditutup dengan Pawai Semarak Muharram, dan pembagian hadiah.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan tahun baru Islam di komplek Babadan telah terselenggara mauidzah hasanah bersama kepala unit dan kepala komplek Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H sebagai sarana motivasi, taaruf, mengenalkan tentang sejarah Ma'had 'Aly dan untuk menjelaskan tentang kemuliaan bulan Muharram.

Santri memasak
Lomba memasak

Kemudian ada lomba CCI (Cerdas Cermat Islami) untuk melatih dan mengukur kemampuan pemahaman para santri. Lalu lomba memasak untuk membangun kebersamaan, saling bertukar ilmu memasak dan hasil masakan sebagai sarana belajar memuliakan para ustaz dan ustazah.

Laporan kegiatan Semarak 1 Muharram 1445 H dari kompleks Jonggring Saloka, para mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an putra menggelar khataman Al-Qur’an, Karya Tulis Ilmiah tentang Hijrah, Operasional Ilmiah Muharram, dan Majelis Mudzakarah dan Mauidzah.

Semarak 1 Muharram
Semarak 1 Muharram Qoryatul Qur'an

Semoga semua kegiatan yang diselenggarakan tersebut dapat benar-benar memberi pengaruh positif kepada semua santri dan menjadi wasilah bertambahnya keberkahan dari Allah ﷻ. Semoga tahun ini kita semua menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Semoga dengan upaya menyemarakkan syiar Islam, menjadikan turunnya keridaan Allah ﷻ kepada kita semua. Aamiin.

Kontributor: Seluruh tim QQ Media komplek dan unit

Posting Komentar untuk "Semarak 1 Muharram 1445 H, Beragam Kegiatan Digelar PPTQ Qoryatul Qur’an Sambut Tahun Baru Islam"