Rapat Koordinasi Pelaksanaan dan Teknis Tebar Kurban QQ Peduli Jelang Iduladha 1444 H

Senin, 26 Juni 2023 sekira pukul 09.00 WIB, tim QQ Peduli PPTQ Qoryatul Qur’an mengadakan rapat koordinasi terkait pelaksanaan kurban Iduladha 1444 H. Bertempat di Komplek Jonggring Saloka, dihadiri para asatidz Da'iQu yang tinggal di area Weru, dan para mahasantri Ma’had Aly, termasuk Ustaz Bambang Wahyudi, SE, Wadir Dakwah Qoryatul Qur’an.

Pertemuan dipandu Ustaz Adi Prayogo yang mengawali dengan laporan hasil pengumpulan hewan kurban dari para pekurban masyarakat umum melalui program tebar kurban. Sejauh ini ada 1 ekor sapi, dan 14 ekor kambing yang diserahkan ke panitia QQ Peduli, dengan rincian 5 ekor alokasi ke pedalaman dan 9 ekor untuk pesantren.

QQ Peduli tebar kurban
Ustaz Adi Prayogo memimpin rakor kurban

Selanjutnya arahan dari Ustaz Bambang yang memberikan motivasi penyemangat bagi para mahasantri dan seluruh tim, di mana ketika yang lain sudah liburan, ternyata masih harus mengikuti kegiatan di pesantren seperti ini.

Beliau mengingatkan bahwa teknis penyembelihan dan pengaturan waktu harus dimatangkan agar bisa efisien, karena tak hanya menyembelih kurban di pesantren tapi juga di daerah pedalaman yang kekurangan atau bahkan tak ada satu pun hewan kurban.

Iduladha ini, menurut Ustaz Bambang, adalah momentum yang tepat untuk melebarkan dakwah ke masyarakat perdesaan yang masih perlu banyak bimbingan keagamaan. Harapan beliau, ketika ke lokasi, usahakan tim lengkap, dari QQ Peduli, QQ Media, dan Da'iQu.

Wadir Dakwah juga mengingatkan untuk setiap hewan kurban diberi tanda agar tidak tertukar nama pekurbannya. Dan setiap penyembelihan harus ada dokumentasi sebagai laporan kepada pemberi kurban.

Setelah arahan dari Ustaz Bambang, rapat koordinasi dimulai di bawah pimpinan Ustaz Adi Prayogo. Koordinasi berlangsung cukup alot mengingat personil yang juga berbenturan dengan acara di sekitar tempat tinggal masing-masing.

PPTQ QQ
Rakor digelar di Komplek Joggring Saloka

Satu per satu rencana disusun dengan mengakomodir segala pertimbangan. Berulang kali Ustaz Adi Prayogo dan Ustaz Bambang harus menelepon personil yang berhalangan hadir pada rapat untuk mengonfirmasi kesediaan hadir pada rencana yang disusun.

Termasuk Ustaz Aldi Hermawan yang menjadi penghubung dengan pihak pedalaman yang menjadi lokasi tebar kurban. Beberapa keputusan berhasil disepakati sebagai hasil dari musyawarah.

Mahasantri Ma’had Aly sebagian disebar untuk membantu pelaksanaan kurban di masyarakat sekitar pesantren hanya pada hari Rabu, 28 Juni 2023. Selain hari itu tidak bisa karena terbentur kegiatan lain.

Penyembelihan kurban sebanyak 9 kambing di pesantren dilaksanakan dalam waktu 2 hari. Hari Rabu, 28 Juni 2023 sebagian tim menyembelih kambing di Komplek Jonggring Saloka. Sisanya disembelih hari Kamis, 29 Juni 2023.

Untuk tebar kurban sebanyak 5 ekor kambing ke Dukuh Trosari 1, Tepus, Tepus, Gunungkidul disepakati pada hari Sabtu, 1 Juli 2023 (hari tasyrik) sesuai permintaan dari sana. Tim yang berangkat di antaranya Ustaz Aldi, Ustaz Salman, Ustaz Ikhsan, Ustaz Wibi, dan Ustaz Ustaz Rifai.

Terkait teknis dan persiapan peralatan juga menjadi bahan pembahasan. Termasuk penyimpanan daging untuk keperluan pesantren agar bisa bertahan lama dan tak cepat membusuk. Musyawarah berlanjut dan selesai bersamaan tiba waktu Zuhur.

Posting Komentar untuk "Rapat Koordinasi Pelaksanaan dan Teknis Tebar Kurban QQ Peduli Jelang Iduladha 1444 H"