Kajian Ahad Pagi bersama Ustaz Ngatemin, Dilanjutkan Cek Kesehatan Gratis di Komplek Asem Legi, Gabeng

PPTQ Qoryatul Qur’an mengadakan program Kajian Ahad Pagi secara rutin di Masjid Widad El Fayez Komplek Asem Legi, Gabeng. Pada kesempatan kali ini, Ahad, 25 Juni 2023, materi kajian disampaikan oleh Ustaz Drs. H. Ngatemin, M.Ag yang berasal dari Gunungkidul.

Warga sekitar komplek tampak berdatangan untuk menyimak pengajian sebagai salah satu wujud pelaksanaan perintah Allah agar menuntut ilmu tak kenal usia. Dengan ilmu maka akan teranglah dalam menjalani kehidupan.

Ustaz Ngatemin dengan gaya khasnya mengisi kajian. Humor-humor segar sesekali mengiringi penyampaian tausiah. Namun tentu saja tanpa melupakan isi dari materi yang disampaikan sebagai pengingat untuk semua hadirin jemaah pengajian.

Suasana kajian bersama Ustaz Ngatemin

Beberapa poin disampaikan Ustaz Ngatemin, di antaranya agar kita memperhatikan anak keturunan. Kemudian tentang ibadah haji yang mabrur, yang menjadi salah satu penyebab terhapusnya dosa.

Ustaz juga menyampaikan tentang keutamaan puasa arafah 9 Zulhijjah yang menghapus dosa setahun lalu dan setahun yang akan datang. Ditambah dengan memperbanyak istigfar saat sahur dan perbanyak doa menjelang buka puasa.

Puncaknya adalah saat tiba Iduladha di mana kita disyariatkan berkurban. Ustaz Ngatimin mengatakan sejatinya kurban bermakna menyembelih sifat kehewanan dalam diri kita. Dosa memancar bersama darah hewan kurban yang disembelih.

Setelah kajian selesai, PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar cek kesehatan dan pengobatan gratis bagi jemaah yang membutuhkan. Program sosial ini bekerja sama dengan Dokter Fatimah Yasin dan suami, Alifah Sekar Jannah, putri dan menantu dari Ustaz Didik Efendi.

Layanan cek kesehatan gratis untuk jemaah yang membutuhkan

Perlu kita tahu bahwa salah satu bentuk upaya menjaga kesehatan terutama untuk orang yang sudah lanjut usia adalah melakukan tes kesehatan. Ini menjadi penting agar masalah kesehatan dapat dideteksi dan ditangani sedini mungkin sebelum berkembang menjadi kondisi yang lebih parah. 

Pemeriksaan kesehatan gratis ini meliputi pelayanan tensi darah, cek HB, periksa kesehatan sekaligus konsultasi, dan pemberian obat bagi yang memerlukan. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat untuk umat dan semakin mendekatkan dengan pesantren. Semoga Allah ﷻ memberkahi langkah amalan ini.

Posting Komentar untuk "Kajian Ahad Pagi bersama Ustaz Ngatemin, Dilanjutkan Cek Kesehatan Gratis di Komplek Asem Legi, Gabeng"