Rafa Maulana, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Jetis Krajan Setorkan Hafalan Juz Amma

Al-Qur’an terdiri dari 30 juz. Setiap juz memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Termasuk juz 30 atau yang disebut sebagai Juz Amma karena dimulai dari surah An Naba’, di mana ayat pertamanya diawali dengan kata ‘amma’.

Ciri khas juz 30 secara umum adalah surat yang berada dalam Juz Amma lebih pendek kalau dibandingkan dengan surat-surat yang ada di juz lain. Sebagian besar turun di Kota Mekah atau disebut surat Makkiyah.

Hanya ada beberapa surah saja daru Juz Amma yang diturunkan di Kota Madinah atau disebut sebagai surat Madaniyah. Di antaranya surat Al Bayyinah, Az Zalzalah, dan An Nasr.

Pada bagian akhir Juz Amma, terdapat sejumlah surat pendek yang kerap kita baca saat salat. Jumlah ayat pada surat-surat pendek tersebut yang sedikit, maka menjadikannya mudah dihafal. Wajar kalau Juz Amma dipilih sebagai juz pertama untuk hafalan terutama anak-anak.

Pemilihan juz 30 untuk hafalan perdana juga jamak diterapkan di griya tahfizh binaan PPTQ Qoryatul Qur’an. Para santri kecil juga sudah akrab dengan bacaannya sehingga mudah hafal. Seperti santri kecil bernama Rafa Maulana, yang berhasil menyetorkan juz 30 sekali duduk.

Rafa Maulana
Rafa Maulana

Teman-teman biasa memanggilnya Rafa. Anak kedua dari 2 bersaudara pasangan Bapak Ngatimin dan Ibu Wahyuni. Beralamat di Dukuh Jaban RT 02 RW 11 Desa Krajan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo.

Rafa yang terlahir di Sukoharjo, 9 Juli 2012 ini menyetorkan hafalan Juz Amma dalam waktu sekitar 35 menit disimak oleh Ustazah Rini pada hari Selasa, 7 Mei 2024 bertempat di Griya Tahfizh (GT) Qoryatul Qur’an Jetis Krajan.

Santri yang masih bersekolah di SD Karangwuni 03 kelas 5 ini gemar sekali berolahraga futsal. Rafa bercita-cita ingin menjadi seorang guru. Semoga Allah memudahkan jalan untuk menggapainya sehingga ilmunya nanti bermanfaat untuk umat.

“Senang belajar di griya tahfizh,” ungkap Rafa memberikan kesan. “Semoga saya bisa selalu semangat belajar dan menghafal Al-Qur’an terus. Bisa selalu murajaah hafalan agar tidak lupa.”

Semoga hafalan juz 30 ini menjadikan Rafa bersemangat lagi untuk menghafalkan juz-juz selanjutnya. Semoga Rafa bisa menuntaskannya sampai 30 juz sehingga membuat kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tuanya.

Kontributor: Ustaz Aldi Hermawan

Posting Komentar untuk "Rafa Maulana, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Jetis Krajan Setorkan Hafalan Juz Amma"