Pengajian Warga Jurang Pijiharjo bersama Ustaz Harjanto, Ingatkan Mencari Bekal untuk Akhirat

Sabtu, 4 Mei 2024. PPTQ Qoryatul Qur’an kembali mengadakan pengajian bersama warga Dukuh Jurang Desa Pijiharjo di Masjid Fisabilillah Jurang. Pertemuan perdana setelah Idulfitri 1445 H.

Tim Dakwah yang berangkat ada 5 orang beserta Ustaz Harjanto dari Sukoharjo selaku pemateri kajian. Kelima anggota tim yang berangkat dipimpin oleh Ustaz Salman Al Farisi. Ada Ustaz Hendri, Ustaz Ilyas, Ustaz Aldi Hermawan, dan Pak Wakhid Syamsudin.

Berangkat menggunakan armada ambulans QQ Peduli, sampai di Masjid Fisabilillah tak lama azan Magrib tiba. Salat dipimpin Ustaz Salman sebagai imam. Setelah berjemaah Magrib, pertemuan dibuka dengan murajaah bacaan salat secara bersama-sama.

Baru kemudian pengajian inti disampaikan oleh Ustaz Harjanto. Beliau mengawali dengan mengisahkan Nabi Adam AS dan Siti Hawa yang awalnya hidup di surga kemudian ditakdirkan Allah untuk diturunkan ke bumi.

Ustaz Harjanto
Ustaz Harjanto ajak jemaah siapkan bekal akhirat

Hakikatnya kita sebagai manusia tinggal di dunia ini hanyalah sebagai perantau. Sebagai perantau hendaklah kita mencari bekal untuk pulang. Ke mana kita pulang? Pulang kita adalah kembali ke surga yang sejak awal menjadi tempat tinggal Nabi Adam AS selaku bapaknya manusia.

الدُّنْيَا مَزْرَعَةُ الآخِرَةِ

Dunia adalah ladang akhirat.”

Dunia adalah laksana tempat bercocok tanam, manusia dikirim ke dunia ini untuk bercocok tanam dan bekerja keras untuk memperoleh hasil yang akan dinikmatinya di akhirat.

Menurut penuturan Ustaz Harjanto, tempat kembali kita adalah surga. Kecuali yang tidak mau kembali ke sana. Hanya yang mau memeluk agama Islam saja yang akan kembali ke surga, karena itulah ketentuan dari Allah.

Hidup hanya 3 waktu yakni kemarin, sekarang, dan besok. Hendaklah memanfaatkan waktu sebaiknya untuk mencari bekal ketakwaan. Manusia hanya menunggu 3 panggilan: panggilan salat, panggilan ke tanah suci (haji dan umrah), dan panggilan kematian.

Masjid Fisabilillah
Suasana pengajian di Masjid Fisabilillah Jurang

Dalam mempersiapkan bekal untuk kembali ke surga, hendaklah dilakukan bersama dalam keluarga. Kita punya kewajiban menjaga keluarga dari api neraka, seperti perintah Allah dalam salah satu ayat-Nya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.” (QS. At Tahrim: 6)

Ustaz Harjanto menyampaikan pengajian dengan gaya lucu sehingga jemaah yang menyimak merasa senang menerima nasihat yang beliau sisipkan. Kajian diakhiri dengan berjemaah Salat Isya.

Posting Komentar untuk "Pengajian Warga Jurang Pijiharjo bersama Ustaz Harjanto, Ingatkan Mencari Bekal untuk Akhirat"