Dhira Khayla Setiawan, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Jetis Krajan Setorkan Hafalan Juz 28

Puji syukur kepada Allah ﷻ yang telah memberikan kemudahan kepada Dhira Khayla Setiawan, salah satu santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Jetis Krajan untuk menyelesaikan hafalan juz 28.

Santri kecil kelas 3 di SDIT Waladun Sholihun ini bergabung dengan GT QQ Jetis sejak tahun 2022. Setoran juz 28 disimak oleh Ustazah Vadila pada hari Jumat, 17 Mei 2024. Semoga Allah memberkahi.

Dhira Khayla Setiawan lahir pada tanggal 3 April 2014. Putri kesayangan dari Bapak Darma Setiawan dan Ibu Dyah Ayu Ratini Prasetyo yang berasal dari Dukuh Candi RT 01/02 Candirejo, Semin, Gunungkidul. Tentu memiliki putri pecinta Al-Qur’an adalah sebuah kebanggaan bagi orang tua.

Dhira Khayla Setiawan
Dhira Khayla Setiawan

Putri salihah ini senang sekali menggambar, membaca, dan bersepeda. Kelak dewasa Dhira bercita-cita ingin menjadi seorang guru atau ustazah agar bisa mengajarkan ilmu yang bermanfaat untuk umat.

Hafal juz 28 adalah sebuah pencapaian yang layak diapresiasi karena tak banyak bocah seumuran Dhira mampu menghafalkannya. Apalagi juz 28 tidaklah seakrab juz 30 di telinga orang kebanyakan.

Juz 28 dikenal sebagai Juz Qad Sami'Allahu (قد سمع الله) karena kata itu menjadi penanda   memasuki juz tersebut yakni pada ayat pertama Surat Al-Mujadilah. Juz 28 berakhir dalam Surat At-Tahrim ayat 12.

Juz 28 sendiri terdiri dari surat-surat pendek dengan ayat panjang yang berisi hukum dan syariat Islam. Seluruhnya turun di Madinah atau disebut sebagai surat madaniyah. Tidak ada satu surat pun yang termasuk dalam golongan makkiyah atau diturunkan di Mekkah.

Adapun keseluruhan nama surat di juz 28 adalah Surat Al-Mujadalah, Surat Al-Hasyr, Surat Al-Mumtahanah, Surat Ash-Shaff, Surat Al-Jumu’ah, Surat Al-Munafiqun, Surat At-Taghabun, Surat Ath-Thalaq, dan Surat At-Tahrim.

Semoga hafalan juz 28 ini menjadikan Dhira bersemangat lagi untuk menghafalkan juz-juz selanjutnya. Semoga Dhira bisa menuntaskannya sampai 30 juz sehingga membuat kebahagiaan tersendiri bagi kedua orang tuanya.

Kontributor: Ustaz Aldi Hermawan

4 komentar untuk "Dhira Khayla Setiawan, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Jetis Krajan Setorkan Hafalan Juz 28"

  1. MasyaAlloh Tabaarokalloh...Semoga semakin semangat lagi Kakak Rara 🥰

    BalasHapus
  2. Setiap membaca artikel seperti ini saya selalu membatin, Masyaallah, mereka bisa harusnya saya juga mau berusaha. Salah satu langkah adalah memperbaiki bacaan lalu menghafalkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga artikel2 seperti ini bermanfaat untuk pembaca, setidaknya memotivasi untuk ikut berusaha memuliakan Al-Qur'an. Terima kasih kunjungannya, Bu....

      Hapus