Bistik (Bincang Asyik Jurnalistik) QQ Media bersama Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Komplek Babadan

Sabtu, 18 Mei 2024, bakda Salat Zuhur, bertempat di Musala Al Mukmin Babadan Karangmojo, sejumlah 16 mahasantri angkatan 5 Ma’had Aly Qoryatul Qur’an putri semester 4 mengikuti sharing jurnalistik bersama Pak Wakhid Syamsudin dari tim QQ Media.

Tujuan diselenggarakannya acara ini agar menambah wawasan para mahasantri tentang kepenulisan terutama melalui media website yang dikelola pesantren. Pentingnya jurnalistik pesantren sebagai bentuk kontribusi penyebaran dakwah.

Pak Wakhid menyampaikan pentingnya jurnalistik pesantren untuk khalayak umum yang tidak memiliki akses untuk mengetahui hal-hal yang ada di dalam pesantren, agar bisa membaca liputan melalui website tersebut.

Liputan kegiatan
Mahasantri mencoba menulis liputan kegiatan

Di era digital ini, penyebaran hasil tulisan dengan media koran atau buku sudah berkurang. Sedangkan website menjadi media untuk menyebarluaskan berita maupun hasil tulisan kita pada saat ini.

Isi materi yang disampaikan Pak Wakhid mencakup definisi jurnalistik yang berfokus pada pesantren. Di mana prosesnya adalah mencari bahan liputan, mengedit tulisan agar enak dibaca dan menyebarkannya melalui media.

Salah satu titik tekan pada sharing ini, Pak Wakhid mengatakan bahwa sebelum menyelami dunia kepenulisan hendaklah menyukai dulu dunia baca, terutama buku. Dari situlah akan muncul keinginan untuk menulis.

Selanjutnya, menurut Pak Wakhid, meski jurnalistik kita hanya pada lingkup kecil seputar kegiatan pesantren, tapi tetap harus menjunjung kode etik jurnalistik yang bisa diterapkan.

Di antaranya adalah berita harus faktual, jelas sumbernya, akurat dan berimbang, melindungi narasumber yang tidak mau disebut namanya, dan bersedia mengoreksi ketika ada berita yang perlu diralat.

Wawasan tentang jurnalistik pesantren menjadi bekal bagi mahasantri yang pada tahun ajaran mendatang akan mengemban amanah wiyata bakti atau pengabdian. Harapannya nanti bisa meliput setiap kegiatan di tempat tugasnya.

Dengan adanya sharing ini, semoga para generasi muda terkhusus mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an memiliki minat yang tinggi untuk aktif menulis hal-hal positif sebagai syiar dakwah dan menyebarkan informasi terkait kegiatan pesantren.

Pak Wakhid kemudian mengajak mahasantri mencoba menulis liputan singkat tentang kegiatan jurnalistik pesantren yang sedang berlangsung ini dengan tujuan melatih mahasantri dalam hal menulis.

Hasil dari tugas yang diberikan, oleh Pak Wakhid dikolaborasikan sehingga menjadi liputan yang sedang kita baca ini. Hasil dari latihan dadakan, yang penting sudah berani mencoba untuk menulis.

Pak Wakhid juga memberikan nomor WhatsApp untuk pengiriman tulisan ke website Qoryatul Qur’an agar kelak saat bertugas bisa langsung mengirim liputan setiap kali ada kegiatan di tempat tugas yang bisa dibagikan.

Kontributor: Aisyah Munawaroh, Almar' Atush Sholihah, Andira Silveriani, Erviyani Indah Lestari, Halimah, Ika Rahmawati, Ira Hidayati, Kanessa Trihapsari, Khusna Solekhah, Nadiya Izzati Az Zahro, Rizka Amalia, Salma Nurjihan, Shofi Roihana Marya Ulfa, Sofy Wiga Saputri, Umi Latifah Mani'ah, dan Warsiti

Posting Komentar untuk "Bistik (Bincang Asyik Jurnalistik) QQ Media bersama Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putri Komplek Babadan"