Muhammad Izzuddin Al Qossam, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq Selesaikan Hafalan 30 Juz

Al-Qur’an merupakan firman Allah ﷻ yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ﷺ untuk disampaikan kepada umat manusia. Berisi petunjuk dan pedoman hidup yang lengkap dan sempurna.

Sebagai muslim kita hendaklah gemar membaca dan mempelajari isi Al-Qur’an. Hal utama lagi adalah dengan menghafalkannya. Menghafal Al-Qur’an memiliki banyak keutamaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan bahwa Al-Qur’an akan datang pada Hari Kiamat dan berkata, ‘Wahai Rabb-ku, bebaskan dia.’ Maka dia akan dibebaskan dan dipakaikan mahkota kemuliaan.

Kemudian dia berkata, ‘Wahai Rabbku, tambahkanlah dia.’ Maka dia akan ditambah kebaikan, harta, dan anak-anak. Kemudian dia berkata, ‘Wahai Rabb-ku, ridailah dia.’ Maka Allah ﷻ pun rida kepadanya.

Untuk meraih keridaan Allah ﷻ melalui kitab suci Al-Qur’an inilah, maka para santri PPTQ Qoryatul Qur’an dengan gigih tak kenal lelah untuk menghafalkannya. Salah satu yang telah tuntas hafalan 30 juz adalah Muhammad Izzuddin Al Qossam.

Muhammad Izzuddin Al Qossam
Muhammad Izzuddin Al Qossam

Muhammad Izzuddin Al Qossam adalah santri MATQ Qoryatul Qur’an kelas XII Matiq yang memerlukan waktu 5 tahun 8 bulan untuk menyelesaikan setoran hafalannya. Proses panjang melelahkan tapi berkah karena lillah.

Santri yang biasa dipanggil dengan nama Izzuddin ini menyetorkan juz 27 sebagai setoran terakhir dengan disimak oleh Ustaz Rio Maryono, pada hari Sabtu, 9 Maret 2024 bertempat di komplek Alasombo. “Alhamdulillah,” ungkapan syukur Izzudin, tekadnya, “Tetap semangat!”

Izzudin adalah santri yang berasal dari Balerejo RT 01 RW 09, Banmati, Sukoharjo. Anak kedua dari 3 bersaudara pasangan Bapak Joko Purwanto dan Ibu Sri Setya Ningsih, yang terlahir di  Sukoharjo, 9 Juli 2005.

Punya hobi memanah, Izzudin bercita-cita kelak dewasa bisa menjadi ahli mekanik mesin. Semoga Allah ﷻ memudahkan jalannya dalam menggapai cita-cita itu sehingga kian bisa memberi manfaat pada sesama.

Selamat, ya, Izzudin atas pencapaian hafalan 30 juz-nya. Semoga tetap istikamah dalam murajaah dan menjaga amanah hafalannya. Semoga menjadi motivasi bagi teman-teman lain yang masih berproses.

Kontributor: Ustaz Wahyu Almanda

1 komentar untuk "Muhammad Izzuddin Al Qossam, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas XII Matiq Selesaikan Hafalan 30 Juz"

  1. masyaAllah keren poll, semoga menginspirasi yang lainnyaa yaa. aamiin

    BalasHapus