Rapat Koordinasi Program Kampung Ramadan PPTQ Qoryatul Qur’an 1445 H

Rabu, 13 Maret 2024, sekira pukul 10.00 WIB, bertempat di Aula Al Mabrur PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Asemlegi Gabeng, dilaksanakan rakor persiapan kegiatan Kampung Ramadan 1445 H.

Dihadiri jajaran direktorat dan perwakilan setiap komplek. Pertemuan dipandu oleh Wadir Dakwah PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Bambang Wahyudi, SE. Beliau ajak hadirin memulai pertemuan dengan membaca basmalah bersama.

Kampung Ramadan QQ
Ustaz Bambang memimpin rakor Kampung Ramadan QQ

Sebagai informasi awal, bahwa tahun lalu, telah sukses menyelenggarakan Kampung Ramadan di komplek Pucung. Tahun ini, rencana dikembangkan untuk setiap komplek yang memungkinkan, agar bisa melaksanakan kegiatan Kampung Ramadan ini.

Ustaz Bambang kemudian menyampaikan beberapa hal terkait persiapan dan evaluasi Kampung Ramadan yang akan dilaksanakan oleh  PPTQ Qoryatul Qur’an. Bahwa instruksi dari Pak Direktur sudah disampaikan. Pelaksanaan Kampung Ramadan diserahkan ke masing masing komplek.

Namun, hingga rapat ini digelar, belum ada gebyarnya. Belum terlihat flyer atau spanduk bahkan penawanan bazar ke masyarakat. Padahal rencananya akan dimulai Ramadan hari ke-5 sampai hari perpulangan santri.

Untuk itu, hendaknya segera dibuatkan flyer agar terlihat meriah dan terlihat gebyarnya. Sebagai penunjang, sudah dibelikan lampu hias fitting untuk setiap komplek. Komplek besar sepanjang 20 meter, komplek kecil 10 meter.

Konsep Kampung Ramadan yang diusung oleh PPTQ Qoryatul Qur’an adalah untuk menyemarakkan dan memeriahkan bulan Ramadan. Menguatkan pemahaman tentang keutamaan Ramadan.

Rakor QQ
Para peserta rakor

Selain itu juga menambah berkah kebaikan untuk perekonomian warga. Membangunkan dan menumbuhkan keakraban warga pesantren dengan masyarakat, berbagi kebahagiaan, dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

Sebagai catatan bahwa Kampung Ramadan ini untuk membangun suasana Ramadan semeriah mungkin. Tujuan kampung Ramadan bukan stand bazar. Tujuannya adalah membangun dan menghidupkan suasana ibadah Ramadan.

Kebersamaan yang dibangun bersama masyarakat ini menjadi wasilah agar pesantren bisa tumbuh dan masyarakat merasa turut memiliki, sehingga akan hadir rasa cinta bahkan pembelaan.

Bentuk kegiatan berupa rangkaian kegiatan, yang dilaksanakan mulai bakda Salat Asar. Di antara bentuk kegiatan Kampung Ramadan adalah majelis taklim sebelum buka puasa hingga berbuka bersama warga.

Kemudian adanya tarawih berjemaah dan kultumnya. Kemudian pembagian parcel Ramadan untuk warga sekitar, dan adanya bazar Ramadan. Konsep Kampung Ramadan menyesuaikan untuk setiap komplek.

Secara umum, di setiap komplek dibuatkan panggung. Kemudian diisi kegiatan santri seperti diskusi ilmiah, tilawah dengan target khatam, hadrah, dan sebagainya. Lalu ada konten program Quran on the street.

Untuk membuat suasana meriah dipasang spanduk selamat datang di Kampung Ramadan, dipasang lampu hias, dan memasang umbul-umbul di tepi jalan menuju lokasi Kampung Ramadan.

Selain membahas tentang Kampung Ramadan, pertemuan sekaligus menyampaikan beberapa agenda pesantren sebelum liburan. Di antaranya agenda buka bersama komplek Pucung dan Gabeng hari Jumat, 15 Maret 2024 bertempat di Pucung.

Buka bersama akbar bersama keluarga besar PPTQ Qoryatul Qur’an yang waktunya akan ditentukan setelah perpulangan santri. Lalu buka bersama PPTQ dengan masyarakat binaan di Dukuh Jurang, Manyaran. Waktu masih dalam proses penentuan.

Agenda pembagian bingkisan warga sekitar komplek, kepala komplek segera mendata warga penerima bingkisan. Selain itu, tiap komplek mendata kondisi dan kelengkapan sarpras komplek (kasur, almari, dll) sekiranya ada yang perlu maintenance.

Agenda iktikaf santri dan mahasantri Ma'had Aly pada 10 hari terakhir Ramadan yang akan terbagi di Masjid Gabeng, Masjid Alasombo, dan Masjid Sidowayah, sebagaimana terlaksana seperti tahun-tahun sebelumnya.

Untuk informasi, PPTQ Qoryatul Qur’an juga mendapat amanah kepercayaan membagikan bingkisan untuk warga duafa di sekitar Masjid Widad El Fayez Gabeng, dari Yayasan Islah Bina Ummat sejumlah 60 paket, yang rencana dibagi setelah kajian Ahad pagi pekan perdana Ramadan.

Demikian hasil rapat koordinasi pesantren terkait kegiatan Ramadan, terutama pelaksanaan program Kampung Ramadan 1445 H. Semoga bisa terlaksana dengan lancar dan mendatangkan keberkahan dari Allah ﷻ. Aamiin.

Posting Komentar untuk "Rapat Koordinasi Program Kampung Ramadan PPTQ Qoryatul Qur’an 1445 H"