TAUD dan MITQ Qoryatul Qur’an Jalan Sehat Tarhib Ramadan 1445 H dan Berkisah bersama Ustaz Salman Al Farisi

Sabtu, 9 Maret 2024. Para santri kecil unit TAUD dan MITQ Qoryatul Qur’an mengikuti kegiatan jalan sehat dalam rangka tarhib Ramadan 1445 H berkeliling kampung sekitaran PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Asemlegi Gabeng.

Acara diawali dengan melaksanakan Salat Duha, lalu murajaah hafalan, barulah kemudian berangkat pawai, start dan finis di MITQ Qoryatul Qur’an. Di sini kemudian akan menyimak kisah yang disampaikan Ustaz Salman Al Farisi Al Hafizh.

Tarhib Ramadan menjadi salah satu tradisi dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Tarhib Ramadan adalah perayaan selamat datang bulan Ramadan. Di Indonesia, biasa dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Salah satunya pawai sambil mengingatkan masyarakat untuk bersiap puasa.

TAUD QQ
Pawai Ramadan MITQ dan TAUD QQ

Para santri berjalan-jalan keliling kampung sambil menbawa poster bertemakan Ramadan 1445 H. Kentara sekali, mereka bergembira mengikuti kegiatan pawai menyambut bulan suci umat Islam ini.

Sungguh mulia dan istimewa bulan Ramadan, sehingga perasaan gembira, pikiran suka ria dalam menyambut kedatangannya pun, kita akan memperoleh ganjaran pahala kebahagiaan yang tiada terkira yakni dihindarkan dan dilindungi dari siksa api neraka.

Rasulullah ﷺ juga telah menjelaskan banyak keistimewaan dan kemuliaan selama bulan Ramadan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Nasa’i bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda :

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْ وَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Telah datang kepadamu bulan Ramadan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.

Pawai Ramada
Pawai membawa poster meriah

Setelah puas berkeliling, santri TAUD dan MITQ Qoryatul Qur’an kembali diajak menuju gedung MITQ untuk mengikuti acara selanjutnya. Di sana mereka akan diajak bercerita bersama Ustaz Salman Al Farisi Al Hafizh.

Ustaz Salman menyampaikan motivasi kepada anak-anak untuk bisa berpuasa di bulan Ramadan. Selain itu, juga mengisi Ramadan dengan amal saleh lainnya, seperti salat tarawih, bersedekah, dan membaca Al-Qur’an.

Acara diwarnai dengan pembagian doorprize yang disediakan oleh panitia. Keceriaan para santri TAUD dan MITQ adalah keceriaan kita semua, umat Islam yang bahagia dengan kedatangan bulan Ramadan.

Kontributor: Ustazah Hanifah Rosyidah

Posting Komentar untuk "TAUD dan MITQ Qoryatul Qur’an Jalan Sehat Tarhib Ramadan 1445 H dan Berkisah bersama Ustaz Salman Al Farisi"