Belajar Sosialisasi Masyarakat, Santri dan Ustazah PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Rewang di Hajatan Warga

Rewang adalah tradisi baik yang berkembang di masyarakat Jawa terutama perdesaan. Merupakan tradisi dimana masyarakat saling gotong royong membantu sesama yang sedang menggelar pesta hajatan, misalnya pesta pernikahan.

Rewang ibaratnya menjadi hal yang wajib. Apabila tidak hadir dalam kegiatan tersebut, biasanya akan ada sanksi sosial yang mengikat. Bagi tidak pernah membantu dalam pelaksanaan rewang di lingkungan tempat tinggalnya, maka ketika nanti menggelar hajatan, masyarakat setempat tidak akan membantu dan bergotong royong dalam acara itu.

Tradisi ini juga masih kental di area Kecamatan Weru, termasuk di antaranya di Jetis, Krajan, di salah satu komplek PPTQ Qoryatul Qur’an. Ustaz Imam Yoga selaku kepala komplek menginstruksikan agar para santri dan ustazah ikut serta membantu.

Terlebih warga yang punya hajat lokasinya di samping pondok lama untuk mempelai laki-lakinya, dan dekat pondok bangunan baru untuk rumah mempelai perempuannya. Turut kegiatan rewang ini bertujuan agar bisa berbaur dengan warga sekitar pesantren.

“Agar santri bisa berbaur dengan masyarakat, tidak hanya eksklusif di dalam pondok saja,” kata Ustaz Imam. “Sekaligus agar bisa menyambung tali silaturahmi ke warga sekitar pesantren.”

Rewang
Santri Qoryatul Qur'an membantu rewang di rumah warga

Belajar bermasyarakat bersama ibu-ibu warga Jetis RT 01 RW 13 ini dilaksanakan selama 2 hari, tepatnya tanggal 16-17 Februari 2024. Terbagi dalam 3 kloter, yakni siang 13.00 WIB-15.00 WIB, sore 16.00 WIB-17.00 WIB, dan malam 20.00 WIB-22.00 WIB.

Setiap kloternya, ada sekitar 3-5 orang santriwati yang sudah khatimah atau selesai hafalan 30 juz dan didampingi oleh 5 orang ustazah bergantian. Di sana mereka membantu pekerjaan di dapur, seperti memarut wortel, mengupas bawang, membuat kulit lumpia, dan sebagainya.

Para santriwati pun mengaku senang karena bisa belajar berbaur dan belajar memasak. Terlebih ibu-ibu juga sabar untuk membimbing mereka yang baru saja belajar rewang. Tuan rumah juga merasa senang karena kehadiran para santri yang ikut berpartisipasi untuk membantu rewang.

Demikian, giat kemasyarakatan yang dilaksanakan para santri PPTQ Qoryatul Qur’an komplek Jetis, Krajan. Semoga menjadi tambahan ilmu dan bekal bagi para santri untuk menjalani kehidupan nantinya setelah lulus dari pesantren. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Ustazah Nafi Aritamala

Posting Komentar untuk "Belajar Sosialisasi Masyarakat, Santri dan Ustazah PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis Rewang di Hajatan Warga"