Dukung Suksesnya Pemilu 2024, PPTQ Qoryatul Qur’an Imbau Asatiz dan Santri Gunakan Hak Pilih

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) telah menetapkan jadwal pencoblosan Pemilu 2024 atau pemungutan suara, digelar serentak di seluruh Indonesia pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

“Jangan sampai golput, gunakan hak pilih untuk memilih pemimpin terbaik bagi negeri ini,” imbau Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I dalam beberapa kesempatan.

Menurut Syekh Yusuf Qardhawi terkait pemilihan pemimpin, setidaknya ada 3 cara dalam mempertimbangkan pilihan: Jika semuanya baik, pilihlah yang paling banyak kebaikannya. Jika ada yang baik dan ada yang buruk, pilihlah yang baik. Jika semuanya buruk, pilihlah yang paling sedikit keburukannya.

Sementara itu, Prof. Dr. Necmettin Erbakan adalah mantan Perdana Menteri negara Turki pada periode 1996-1997 mengatakan, “Muslim yang tidak peduli politik akan dipimpin oleh politikus yang tidak peduli kepada Islam. Jangan tidak ikut pemilu, kejahatan akan timbul tatkala orang baik semua pada diam.”

Pemilu 2024
Ustaz Setyadi dan Ustazah Niken di lokasi tempat pemungutan suara

Ustaz Setyadi menggunakan hak pilih bersama sang istri Ustazah Niken Susilowati di TPS 10 Dukuh Sidowayah, Desa Ngreco, Kecamatan Weru. Di tempat lain, Direktur Operasional PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Hartanto, S.Pd.I, mencoblos di TPS 06 Dukuh Jlumbang, Desa Ngreco.

Pada Pemilu 2024 ini, ada 5 surat suara yang harus dicoblos. Surat suara berwarna abu-abu adalah surat suara Presiden dan Wakil Presiden. Surat suara berwarna merah untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Surat suara berwarna kuning untuk anggota DPR. Surat suara berwarna biru untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi. Dan yang hijau adalah surat suara anggota DPRD kabupaten/kota.

Berkaitan dengan kegiatan pemilu ini, pihak pesantren juga memberikan kesempatan para santri untuk menggunakan hak pilihnya. Bagi santri yang sudah memiliki hak pilih diizinkan untuk pulang dan bisa dijemput pada hari Selasa, 13 Februari 2024, jam 15.00 WIB atau setelah Salat Asar.

Saat menjemput, wali wajib menunjukkan surat undangan coblosan atas nama santri kepada ustaz/ah yang berjaga. Setelah selesai menggunakan hak pilih esok harinya, para wali santri dimohon mengantarkan santri balik kembali ke pesantren pada hari Rabu, 14 Februari 2024, paling lambat pukul 17.00 WIB.

Sementara bagi para santri yang sudah pindah lokasi pencoblosan di TPS sekitar pesantren, maka menggunakan hak pilihnya di tempat yg sudah ditentukan. Demikian sesuai informasi dan pengumuman yang disampaikan pesantren.

Semoga dengan turut aktifnya kaum muslimin dalam memilih pemimpin, maka Allah akan menetapkan pemimpin terbaik untuk bangsa ini, yang juga peduli kepada Islam dan kaum muslimin. Semoga Allah menurunkan berkah untuk negeri tercinta kita.

Posting Komentar untuk "Dukung Suksesnya Pemilu 2024, PPTQ Qoryatul Qur’an Imbau Asatiz dan Santri Gunakan Hak Pilih"