Training Leadership Calon Pengurus IST MATQ Qoryatul Qur’an Putri Periode 2024 di Komplek Pucung

PPTQ Qoryatul Qur’an mengadakan kegiatan training leadership atau latihan kepemimpinan bagi para santri putri MATQ Qoryatul Qur’an calon pengurus IST periode 2024. Dilaksanakan di komplek Pucung sejak Rabu, 3 Januari 2023.

Keberadaan IST dilatarbelakangi bahwa pondok pesantren merupakan garda terdepan dalam membangun peradaban dunia khususnya Indonesia. Sehingga sebagai upaya menguatkan peran pesantren sebagai estafet perjuangan dakwah perlu adanya organisasi santri sebagai wadah mengembangkan kepemimpinan santri.

Pelatihan IST 2024
Pelatihan kepemimpinan IST MATQ QQ Putri 2024

Di pesantren, selain menimba ilmu, santri juga diajarkan cara bersosialisasi dengan teman-temannya dan bahkan mampu belajar tentang kepemimpinan. Pelantikan pengurus pondok merupakan salah satu bentuk pembelajaran bagi mereka untuk menjadi pemimpin dan belajar mengambil keputusan untuk organisasi yang mereka pimpin.

PPTQ Qoryatul Qur’an berusaha ikut andil dalam mengambil peran estafet perjuangan dakwah Rasulullah ﷺ dengan mengembangkan kepemimpinan santri. Dan dalam peran penting yang dilakukan oleh Qoryatul Qur’an inilah kita sebaiknya mengenal, mencintai, dan mendukung proses perkembangannya.

Dengan demikian, kita juga telah berperan untuk ikut andil dalam mengambil peran estafet perjuangan dakwah Rasulullah ﷺ, untuk mewujudkan Islam menjadi rahmatan lil alamin di seluruh muka bumi.

Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan santri calon pengurus IST pada keorganisasian. Memahamkan para santri tentang tujuan kepemimpinan yang akan mereka emban sesuai visi dan misi pondok pesantren.

Di sisi lain, kegiatan ini juga untuk menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi dan berbagai nilai positif lain pada diri santri calon pengurus IST di dalam organisasi.

Dengan kegiatan ini harapannya bisa mempersiapkan optimalisasi para santri calon pengurus IST sebelum mengemban tugas, serta menumbuhkan kedisiplinan dan tanggung jawab baru terhadap apa yang akan dijalankan.

Training leadership bagi calon pengurus IST periode 2024 ini dilaksanakan indoor dan outdoor. Kegiatan indoor di komplek Pucung pada hari Rabu hingga Jumat, 3 sampai 5 Januari 2024. Sementara kegiatan outdoor pada hari Sabtu, 6 Januari 2024 di Bumi Perkemahan Alasombo.

Kepanitiaan training leadership IST ini diketuai oleh Ustazah Salsa Ayu Ceria, dengan Ustazah Fidaiyah Nur Faza sebagai sekretaris, Ustazah Thohawiyatun Istiqomah dan Ustazah Afifah Umi Fathimah sebagai bendahara.

Para santri putri MATQ Qoryatul Qur’an calon pengurus IST periode 2024 ini dalam sesi indoor akan menerima beberapa materi pelatihan dari para pemateri yang sudah dipersiapkan oleh panitia.

Di antara materi yang disiapkan itu adalah “Pengenalan Tentang Organisasi (IST) dan Jalur Struktural  Koordinasi IST” dengan narasumber Ustazah Ummi Lathifah. Materi “Berusaha bertanggungjawab dalam mengemban Amanah” disampaikan oleh Ustazah Niken Susilowati, S.Pd.I.

Materi “Kebijaksanaan dalam Berorganisasi” dengan narasumber Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I. Materi “Tugas Kita adalah Berdakwah, untuk Hidayah Serahkan kepada Allah” disampaikan oleh Ustaz Hasim Makmun Tohar.

Materi pelatihan kepemimpinan
Suasana sesi materi bersama para narasumber

Materi “Bagaimana Cara menjadi Pemimpin” oleh Ustazah Ummul Imamah, S.Pd.I. Materi “Urgensi Berjamaah” dengan narasumber Ustaz Bambang Wahyudi, SE. Materi “Administrasi Keorganisasian” oleh Ustaz Nasrudin.

Kemudian materi “Ikhlas dan Istikamah Menjalankan Amanah” disampaikan oleh Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I. Materi “Tegar dan Tidak Gegabah Menghadapi Masalah” oleh Ustaz Faris Ahmad.

Materi “Prinsip Keorganisasian: Kerja Sama dan Sama-Sama Kerja” dengan narasumber Ustaz Hartanto, S.Pd.I. Materi “Jabatan dalam Pandangan Seorang Muslim” oleh Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I, M.P.I.

Demikian rangkaian acara sesi indoor yang dipersiapkan oleh panitia kegiatan training leadership calon pengurus IST MATQ Qoryatul Qur’an putri periode 2024. Semoga menjadi bekal terbaik untuk para santri.

Posting Komentar untuk "Training Leadership Calon Pengurus IST MATQ Qoryatul Qur’an Putri Periode 2024 di Komplek Pucung"