Penyambutan Kedatangan Santriwati Kelas 2 MATQ Qoryatul Qur’an dan Pembukaan Leadership Training IST Periode 2024

Selasa, 2 Januari 2024. Bertempat di pendapa komplek Pucung, sekira pukul 20.00-21.00 WIB, dilaksanakan penyambutan kedatangan para santri putri kelas 2 MATQ Qoryatul Qur’an sekaligus pembukaan leadership training kepengurusan IST periode 2024.

Para santriwati ini datang lebih awal daripada santriwati lainnya, yang masih menikmati liburan semester. Mereka berangkat lebih dulu ke pesantren karena akan mengikuti pelatihan kepemimpinan sebagai bekal untuk menjadi pengurus IST.

Di dalam pesantren, IST atau kepanjangannya Imaaratus Syu’unith Thalibat (OSIS), memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Selain membantu tugas para asatizah, IST memiliki peran untuk memastikan seluruh santri dalam keadaan kondusif.

IST juga membantu memastikan setiap kegiatan pesantren bisa berjalan sebagaimana mestinya. Para santri yang tergabung dalam wadah IST akan mendapat pengalaman berorganisasi dan terbiasa bekerja sama.

Malam ini sekaligus pembukaan dan peresmian kegiatan leadership training bagi pengurus IST periode 2024, yang akan dilaksanakan selama 4 hari, mulai hari Rabu, 3 Januari 2024 hingga hari Sabtu, 6 Januari 2024.

Santri IST
Penyambutan santri IST

Hadir pada acara ini, Waka Kesantrian Ustazah Ummi Lathifah dan segenap ummahat, ustazat, dan azibat komplek Pucung. Kegiatan dimulai dengan membaca Surat Al Fatihah secara bersama-sama.

Ustazah Ummi Lathifah pada sesi peresmian terbukanya kegiatan berkenan menyampaikan wejangan untuk para santri. Beliau memberikan apresiasi kepada santriwati yang sudah hadir ke pondok karena mereka akan mendapat ilmu kepemimpinan yang tidak akan didapatkan ketika di rumah.

“Orang hebat itu tidak terlahir dengan sendirinya, akan tetapi ia terlahir karena dilatih,” begitu kata Ustazah Ummi Lathifah. Kemudian beliau meresmikan dibukanya kegiatan leadership training ini.

Kegiatan leadership training ini akan berlangsung selama 4 hari dengan agenda 3 hari indoor dan 1 hari outdoor. Kegiatan indoor dilaksanakan di Kelas Palestine komplek Pucung dari hari Rabu, 3 Januari 2024 sampai hari Jumat, 5 Januari 2024. Untuk outdoor akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Alasombo pada hari Sabtu, 06 Januari 2024.

Pengurus IST
Santri kelas 2 MATQ Qoryatul Qur'an

Pada kegiatan ini, Kepala Komplek Ustaz Nasrudin izin tidak bisa hadir karena sedang safar bersama direktorat. Begitu pula dengan Kepala Unit MA Ustaz Edi Casedi, izin karena sedang safar.

Untuk diketahui, para santriwati kelas 2 MATQ Qoryatul Qur’an kembali ke pondok sejak pagi hari, kemudian malam hari digunakan untuk acara penyambutan dan pembukaan leadership training ini. Semoga Alah memberkahi.

Kontributor: Ustazah Salsa Ayu Ceria

Posting Komentar untuk "Penyambutan Kedatangan Santriwati Kelas 2 MATQ Qoryatul Qur’an dan Pembukaan Leadership Training IST Periode 2024"