Serah Terima Jabatan (Sertijab) IST 2023 kepada IST 2024 dan Pelantikan IST MATQ Qoryatul Qur’an Putri 2024

Bertempat di gedung kelas Palestina komplek 02 Pucung, dilaksanakan kegiatan serah terima jabatan (sertijab) kepengurusan IST (OSIS) 2023 kepada IST 2024, sekaligus pelantikan IST MATQ Qoryatul Qur’an putri 2024.

Terlaksana pada hari Rabu, 10 Januari 2024 dari pukul 08.30 WIB sampai selesai. Tujuan kegiatan adalah melantik kepengurusan IST baru (periode 2024) dan penyerahan secara simbolis antar bagian (Qism) IST.

Hadir dalam acara ini, para sesepuh dan yayasan, jajaran kepala komplek, Waka kesantrian setiap komplek putri, asatiz dan ustazat komplek 02 Pucung. Di antaranya Ustaz Susanto, Bapak Asri Minulyo, Ustaz Nasrudin, Ustaz Imam, Ustaz Agus Umar, Ustaz Edi, Ustaz Hendri, Ustaz Negus, Ustaz Wibi, Ustazah Umi, Ustazah Niken, Ustazah Dian, dan Ustazah Salamah.

Juga hadir dalam kegiatan ini, segenap ummahat dan azibat komplek 02 Pucung dan komplek 07 Jetis. Dan seluruh santriwati MA PPTQ Qoryatul Qur’an Kompleks 02 Pucung, yang tak memungkinkan disebut satu per satu.

Acara pembukaan dengan dipandu oleh MC Ustazah Chandrika Zahriya dan Ustazah Fida'iyah Nur Faza. Tilawah Al-Qur’an oleh Sabilila Okta, santriwati kelas X Matiq. Sambutan Ustazah Ummi Lathifah dan ketua IST periode 2023.

IST atau OSIS MATQ QQ
Pelantikan IST MATQ QQ 2024

Kemudian pembacaan surat keputusan (SK) kepengurusan IST baru periode 2024 oleh Ustazah Siti Laela Nur Khasanah, dan pembacaan ikrar oleh Ustaz Nasrudin. Lalu sambutan ketua IST baru periode 2024.

Nasehat dari sesepuh dan yayasan oleh Bapak Asri Minulyo dan Ustaz Susanto. Kemudian serah terima jabatan secara simbolis dari IST 2023 kepada IST 2024 menjadi pengujung acara kali ini, dan diakhiri penutup.

Ustaz Nasrudin, pada saat pembacaan ikrar dan pelantikan, mengatakan bahwa para santriwati IST periode 2024 yang hari ini dilantik, kelak akan menemukan berbagai pengalaman dan suatu saat pasti akan bermanfaat di masa yang akan mendatang.

Bapak Asri Minulyo menyampaikan bahwa organisasi adalah sebagai wadah pembelajaran. Ketika di masyarakat nanti, orang yang sudah berkecimpung dengan yang belum berkecimpung dalam organisasi akan tampak berbeda dan manfaatnya akan terasa sekali.

Beliau menasihatkan agar menuntut ilmu dengan sungguh-sungguh agar bermanfaat, agar tidak menerima kekecewaan di kesempatan yang lain. Dalam berorganisasi juga melatih kedewasaan. Semoga bisa memberikan kebaikan, kebaikan yang bisa dicontoh, khususnya dalam lingkup QQ, juga pondok di luar QQ pada umumnya.

“Jadilah generasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Serta berikanlah perkembangan dan kemajuan dalam periode baru ini,” pungkas Pak Asri Minulyo di akhir nasihat beliau.

Kemudian nasihat dari Ustaz Susanto. Beliau mengingatkan bahwa dengan menerima amanah jabatan ini mempunyai tujuan yang agung. Salah satunya sarana mendewasakan, sebagai calon pemimpin bagi diri pribadi, keluarga, masyarakat, maupun bangsa.

Ustaz Susanto mengajak mengenangkan sejarah, ketika para sahabat melakukan hijrah, mereka tak ada hentinya melakukan ritual ruhiah dan jasmaniah. Mereka ingin mengubah dirinya menjadi pemimpin dan Allah kehendaki untuk  melakukan hijrah.

وَقُلْ رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّ اَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّا جْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا

Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku).” (QS. Al-Isra' 17: Ayat 80)

Beliau menyampaikan harapan, setelah dilantik ini ada upaya-upaya ritual secara ruhaniah maupun jasmaniah dalam beribadah. Semoga bisa menunaikan amanah, bekerja, menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.

“Jangan takut salah, karena salah bisa diperbaiki. Dan jangan takut gagal, karena gagal bisa diulangi. Takutlah ketika tidak bisa bekerja, karena seseorang tidaklah mampu menghasilkan sesuatu jika ia tidak bekerja,” pesan Ustaz Susanto.

Beliau juga menyarankan agar tak henti memohon pertolongan kepada Allah agar diberi kemudahan dalam segala urusan dan semoga kelak dapat bermanfaat untuk pesantren dan masyarakat pada umumnya.

IST 2024
Pengurus baru IST untuk kemajuan di masa depan

Doa dan ucapan selamat dari Ustaz Agus Umar, beliau turut berharap, semoga IST 2024 yang dilantik ini bisa menjadi pemimpin yang baik, jujur, adil, amanah, serta bertanggung jawab atas amanah tersebut.

Ustazah Niken juga berharap semoga ke depannya bisa menjadi IST yang lebih baik, mampu melaksanakan tugas dengan baik serta saling mengingatkan satu sama lain dalam segala hal.

Kontributor: Ustazah Imti Khana Faizah & Ustazah Rillia Marfuatim Muthaharah

Posting Komentar untuk "Serah Terima Jabatan (Sertijab) IST 2023 kepada IST 2024 dan Pelantikan IST MATQ Qoryatul Qur’an Putri 2024"