Serah Terima Jabatan (Sertijab) ISHLAH 2023 dan Pelantikan ISHLAH 2024 MATQ Qoryatul Qur’an Putra

PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar acara serah terima jabatan (sertijab) ISHLAH 2023 dan pelantikan ISHLAH 2024 MATQ Qoryatul Qur’an putra di komplek Kauman, pada hari Kamis pagi, 11 Januari 2024.

Hadir Direktur Operasional PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Hartanto, S.Pd.I, Kepala Komplek Kauman Ustaz Agus Umar Ar-Rifai, S.Pd.I, Kepala Komplek Alasombo Ustaz Muhammad Negus, perwakilan yayasan Ustaz Darmono, dan segenap asatiz di komplek Kauman.

ISHLAH 2024
Pengurus ISHLAH 2024

Bagian Kesantrian Komplek Kauman Ustaz Latif Muhlisin berpesan pada para santri calon pengurus baru agar meluruskan niat karena Allah, bukan sekadar karena keharusan melaksanakannya. Hendaknya dilakukan sebagai ibadah bukan keterpaksaan.

Ketika semua didasari karena Allah, maka ke depannya akan menjadi lebih baik hasilnya. Pengurus ISHLAH jangan mengedepankan emosi dalam melakukan pembinaan kepada teman atau adik kelas. Hendaklah dengan kesabaran.

Pada acara sambutan Ketua ISHLAH 2023 (periode 10) M. Azzam Musthofa menyampaikan rasa terima kasih kepada asatizah yang telah  memberikan kepercayaan dan ilmu yang mendewasakan.

Kepada seluruh santri, Ketua ISHLAH 2023 berterima kasih atas kerja sama selama ini. Berbagai sifat random para santri inilah, pengurus ISHLAH banyak belajar banyak hal, belajar bagaimana menyelesaikan permasalahan yang ada.

Azzam mewakili kepengurusan yang dipimpinnya, memohon maaf ketika banyak kesalahan dalam melaksanakan tugas selama ini. Harapan yang disampaikannya, agar pengurus baru bisa lebih baik daripada sebelumnya. Bisa memimpin dengan sepenuh hati ikhlas dan kasih sayang.

Sambutan
Pendukung acara dan sambutan

Ustaz Darmono mewakili yayasan, menyampaikan apresiasi atas kegiatan ini. Pergantian kepengurusan adalah kemestian dalam sebuah organisasi. Beliau menyebutkan ada 3 kriteria pemimpin yang harus dipenuhi yakni pintar, kober atau ada waktu, dan benar. Dengan ketiganya maka akan berhasil dengan lancar dan tercapai tujuan mulianya.

Sertijab
Ustaz Agus Umar membacakan SK pelantikan

Ustaz Agus Umar saat pembacaan surat keputusan (SK) kepengurusan ISHLAH baru periode 2024. Beliau menegaskan perlunya ISHLAH sebagai wadah organisasi untuk keterlibatan santri dalam penyelenggaraan pendidikan.

Ustaz Hartanto
Pelantikan oleh Ustaz Hartanto

Ustaz Hartanto, pada saat pelantikan dan pembacaan ikrar, mengingatkan bahwa tujuan kepemimpinan ISHLAH untuk mengharap rida Allah. Karakter yang harus dimiliki sesuai yang Rasulullah teladankan, yakni sidiq, amanah, tablig, dan fatanah.

Ketika menyampaikan sambutan, Ketua ISHLAH 2024 Ridwan Aji Sasmita mengucapkan terima kasih atas amanah berat ini. Ridwan Aji meminta didoakan agar selalu diberi kemudahan dan keistikamahan dalam menjalankan amanah ini.

Tak lupa ia sampaikan rasa terima kasih kepada pengurus ISHLAH 2023 atas bimbingannya selama ini. Memohon maaf jika selama dalam bimbingan mereka banyak merepotkan.

Ketua ISHLAH 2023
Ketua ISHLAH 2023 dan 2024

Kepada seluruh pengurus ISHLAH baru, Ridwan Aji mengajak memegang erat-erat amanah ini. Dengan menjalankan amanah sebaik-baiknya maka akan mendapat pahala dari Allah dan diberikan banyak kemudahan.

Untuk seluruh santri di komplek Kauman, Ketua ISHLAH 2024 ini berharap bisa bekerja sama. Agar patuh pada aturan yang baik, dan jangan segan menegur pada kesalahan karena pengurus juga manusia.

Kepala Komplek Alasombo Ustaz Muhammad Negus menyampaikan nasihat bahwa bumi ini diciptakan untuk manusia, karena manusia diciptakan untuk memimpin, sebagaimana disebut dalam Al-Qur’an.

وَاِ ذْ قَا لَ رَبُّكَ لِلْمَلٰٓئِكَةِ اِنِّيْ جَا عِلٌ فِى الْاَ رْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَا لُوْۤا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَآءَ ۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَـكَ ۗ قَا لَ اِنِّيْۤ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?" Dia berfirman, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 30)

Manusia sebagai khalifah yang menerapkan ajaran agama Islam. Memimpin untuk kejayaan umat. Dan yang layak untuk memimpin itu adalah Rasulullah Muhammad ﷺ karena beliaulah penegak syariat dari Allah ﷻ.

Ustaz Negus
Ustaz Negus memberikan nasihat

Ketika Rasulullah ﷺ tiada, diganti Khulafaur Rasyidin, dan seterusnya. Maka kepemimpinan yang harus melanjutkan sekarang adalah para pemimpin di setiap lini, termasuk dalam lingkup ISHLAH. Estafet itu harus selalu berkesinambungan.

Untuk itulah pemimpin ISHLAH harus memaksimalkan diri dan potensi untuk menegakkan ajaran Rasulullah ﷺ. Menjadi khalifah dalam kepemimpinan ISHLAH yang telah diamanahkan hari ini.

Ustaz Edi Casedi menyampaikan pesan kepengasuhan. Beliau mengisahkan sebuah kisah  di zaman Khalifah Ali bin Abi Thalib. Ketika itu masyarakat mengadukan banyaknya kericuhan dan ketidakadilan.

Khalifah Ali menjawab, bahwa di zaman Rasulullah masyarakatnya adalah Abu Bakar dan sahabat lain. Di zaman Umar bin Khatab, masyarakatnya Utsman dan lainnya. Di zaman Utsman bin Affan, masyarakatnya adalah Ali dan lainnya. Dan di zaman Ali, umatnya adalah kalian semua: masyarakat yang mengadu.

Ustaz Edi Casedi
Nasihat dari Ustaz Edi Casedi

Jadi kesimpulannya, kondisi zaman itu bisa dilihat dari masyarakatnya seperti apa, bukan semata siapa pemimpinnya. Kericuhan dan ketidakadilan yang dirasakan adalah cerminan dari masyarakat yang ada.

Begitu juga dalam kepemimpinan ISHLAH. Pengurus baru pasti akan mendapat lebih banyak keburukan dibanding keburukan di kepengurusan lama. Maka hendaklah saling introspeksi diri ketika muncul persoalan.

Seyogianya, kepengurusan baru harus meminta maaf dulu pada pengurus lama agar kesalahan di masa lalu tidak menjadi beban di masa mendatang, memunculkan masyarakat yang menyusahkan untuk diurus.

Foto bersama
Foto bersama asatiz dan tamu undangan

Selanjutnya, seluruh asatiz memberikan ucapan selamat kepada pengurus ISHLAH 2024 terpilih, dan melaksanakan foto bersama. Mereka mendoakan agar pengurus baru bisa amanah.

Sertijab ISHLAH
Serah terima jabatan secara simbolis

Sebagai puncak acara, penyerahan secara simbolis kepengurusan ISHLAH dari ketua sebelumnya kepada ketua terbaru. Semoga menurunkan keberkahan bagi kita semua. Selamat bertugas untuk Ridwan Aji dan seluruh pengurus baru.

Posting Komentar untuk "Serah Terima Jabatan (Sertijab) ISHLAH 2023 dan Pelantikan ISHLAH 2024 MATQ Qoryatul Qur’an Putra"