BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putra Silaturahmi dan Sharing Pengelolaan Pengajaran dengan TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an Krajan

Badan Eksekutif Mahasantri (BEM) Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putra berkunjung ke TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an di Dukuh Brunggang RT 01/03 Krajan, Weru, untuk bersilaturahmi dan study banding pengelolaan pengajaran TPQ.

Kunjungan ke TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an ini dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Januari 2024, pukul 16.00 - 19.30 WIB. Sedianya 9 mahasantri putra yang hendak turut, namun yang seorang sedang sakit, jadi yang berangkat 8 mahasantri, didampingi Ustaz Muhammad Husain dan Ustaz Aldi Hermawan.

TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an
BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an berkunjung ke TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyambung silaturahmi antara para mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an dengan pihak TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an dengan menyapa anak-anak TPQ dan melaksanakan fun games bersama mereka.

Selain mengenalkan tentang Ma’had Aly Qoryatul Qur’an, para mahasantri juga sharing pengelolaan TPQ bersama para pengampu TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an sekaligus sesepuh di sana, yakni Ustaz Muhammad Zarkasi.

Kegiatan sore bersama para santri TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an dan jajaran asatiz pengampu, dengan mengadakan permainan gembira, motivasi dan nasehat, tukar kado, dan pembagian hadiah kenang-kenangan.

Fun games
Kegiatan bersama santri TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an

Ustaz Muhammad Zarkasi mengatakan bahwa tujuan pendidikan di TPQ adalah untuk membumikan Al-Qur’an, mendidik anak-anak agar memiliki akhlakul karimah yang diterapkan di mana saja.

Untuk pengelolaan lembaga pendidikan nonformal ini hendaknya bisa saling bersinergi dengan masyarakat. Dalam pengelolaan TPQ akan ada permasalahan dan kendala yang akan dihadapi, maka harus bijak dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Ustaz-ustazah pengampu harus bisa mengemas TPQ semenarik mungkin, agar santri tidak bosan. Selain belajar baca tulis Al-Qur’an, diselingi dengan kegiatan di luar kelas, games, jalan-jalan, dan sebagainya.

Sharing pengelolaan TPQ
Sharing pengelolaan TPQ

Ada juga Ustazah Siti Baniyah yang menyampaikan pentingnya program outing class. Selain itu, perlu sekali memberikan motivasi kepada pengajar TPQ. Kemudian merangkul orang tua dengan kajian parenting untuk wali santri.

Beliau menekankan pentingnya ada komunikasi yang sehat antara santri, pengajar, dan wali. Memang untuk mendidik anak, semua harus bisa berperan, baik orang tua di rumah, guru di sekolah, maupun ustaz-ustazah di TPQ.

Foto bersama
Galeri foto bersama

Kegiatan silaturahim dan study banding TPQ ini adalah salah satu event yang diselenggarakan BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an. Ini adalah event perdana yang insya Allah akan berlanjut di kemudian hari. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Kontributor: Salman Al Hawari

Posting Komentar untuk "BEM Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Putra Silaturahmi dan Sharing Pengelolaan Pengajaran dengan TPQ Darut Tahfidz Al-Qur’an Krajan"