Isi Liburan Semester, PPTQ Qoryatul Qur’an Gelar Festival QQ Aja sambil Kenalkan Pesantren kepada Masyarakat

PPTQ Qoryatul Qur’an menghelat event untuk umum berupa Festival QQ Aja, berupa lomba untuk anak-anak. Dilaksanakan pada hari Senin, 25 Desember 2023 bertempat di komplek Asemlegi, Gabeng.

Di antara tujuan yang ingin dicapai dari adanya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan pesantren kepada masyarakat, menunjang tersampaikan dan tercapainya visi misi yang diusung oleh pesantren.

Selain itu, juga menyampaikan pesan-pesan positif untuk membangun peradaban baru berdasarkan nilai-nilai Al-Qur’an, mengangkat syiar Islam dan Baitul Maqdis yang menjadi tema festival ini, “Kami Bersama Palestina”.

Festival QQ Aja
Festival QQ Aja

Di depan pintu masuk, dekat meja registrasi, ada stand informasi Penerimaan Santri Baru tahun ajaran 2024/2025 di PPTQ Qoryatul Qur’an segenap unit sebagai bentuk mempromosikan pendidikan pesantren.

Muatan kegiatan festival QQ Aja ini yang inti adalah perlombaan dengan berbagai kriteria. Lomba Anak Muslim dengan kategori usia 3-4 tahun (mewarnai, hafalan Surat Al Fatihah dan Al Ikhlas), usia 5-6 tahun (mewarnai, hafalan surat pendek).

Lomba QQ Aja
Suasana lomba QQ Aja

Lalu kelas 4-6 SD/MI (menggambar, tartil Qur’an, tahfizh juz 30, baca puisi dan azan), kelas 1-3 SMP/MTs (tartil Qur’an, tahfizh juz 30 atau 29, dan baca puisi).

Kemudian ada stand galeri kegiatan Qoryatul Qur’an berupa dokumentasi perkembangan pesantren Qoryatul Qur’an dari masa ke masa, berupa kolase foto. Harapannya agar hadirin bisa melihat apa saja kegiatan yang ada di pesantren.

Ada juga stand Peduli Palestina menampilkan sejarah penjajahan terhadap Palestina, berupa MMT besar foto peta Palestina sebelum hingga dalam pendudukan Israel, dan foto Baitul Maqdis.

Stand festival QQ Aja
Stand PSB, foto, dan pujasera

Lalu ada stand bazar dan kuliner pujasera yang dibuka untuk warga sekitar komplek 06 Gabeng dan koperasi pondok yang ingin berjualan di area lomba, dan sudah disiapkan tempat di halaman komplek.

Turut memeriahkan acara ini, pertunjukan pentas seni santri TAUD, MITQ, dan MTsTQ Qoryatul Qur’an, yang tampil dalam pembukaan acara, serta menghibur hadirin selama lomba berlangsung hingga lomba selesai dan pengumuman pemenang lomba.

Panitia juga mempersilakan siapa saja untuk tampil ke depan dan mendapat hadiah dari panitia berupa merchandise bertemakan Palestina, seperti syal, bendera, dan topi. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan memberikan kesan kebaikan untuk semua.

Posting Komentar untuk "Isi Liburan Semester, PPTQ Qoryatul Qur’an Gelar Festival QQ Aja sambil Kenalkan Pesantren kepada Masyarakat"