QQ Peduli Salurkan Santunan Rutin dari Para Donatur untuk Warga yang Membutuhkan di Weru dan Sekitarnya

Kamis, 30 November 2023, tim QQ Peduli di bawah koordinasi Ustaz Adi Prayogo, M.Pd bergerak menyampaikan santunan ke beberapa tempat. Bersama Ustaz Bilal Ahmad Mubarok, S.Pd, Ustaz Raihan Afif Ilyasa, S.Pd,  Ustaz Aldi Hermawan, dan Pak Wakhid Syamsudin, mereka menyalurkan donasi dari para dermawan yang diamanahkan melalui program sosial QQ Peduli.

Santunan
Santunan QQ Peduli

Hari ini, berangkat dari Kantor Media di komplek Asemlegi, Gabeng, sekira pukul 09.30 WIB, tim bergerak menuju ke rumah para penerima santunan. Totalnya ada 9 sasaran warga yang berhak menerimanya.

Yang pertama adalah Ibu TN (32), warga Ngepungsari, Jatingarang, Weru. Kondisi beliau adalah penyandang disabilitas, dan beberapa waktu lalu baru saja melahirkan anak dengan persalinan caesar, dan adik bayi masih rutin kontrol ke rumah sakit, sementara suami kerja serabutan.

Sasaran kedua adalah Mbah RM (70) warga Dukuh Geneng, Candirejo. Beliau tinggal sebatang kara di rumah karena belum pernah berkeluarga. Untuk penghasilan sehari-hari dari warga sekitar dan cuma mengandalkan jika ada yang membutuhkan tenaganya.

Menurut ketua RT yang pernah menemani tim ketika awal-awal menemui Mbah RM, sebenarnya beliau punya beberapa saudara di desa lain, tapi tak ada yang peduli pada nasibnya. Padahal di antara mereka ada yang pernah meminjam uang Mbah RM dengan jumlah lumayan tapi belum dikembalikan.

Ketika rumah yang dihuni Mbah RM nyaris rubuh, maka Pak RT dan warga berinisiatif gotong royong membenahi rumah beliau. Alhamdulillah sampai kini bisa ditinggali, bisa untuk berteduh dari panas dan hujan.

Santunan November 2023
Dokumentasi santunan November 2023

Sasaran ketiga adalah Mbah KT (70) warga Pulerejo, Krajan. Seorang janda, memiliki anak yang bekerja di Semarang. Beliau tinggal sendirian. Memang ada menantu dan 2 cucu yang tinggal di sebelah rumah, tapi secara ekonomi juga masih kekurangan.

Mbah KT ini menempati sebuah rumah yang sangat jauh dari kata layak. Rumah yang ketika musim penghujan tiba tak mampu melindungi dari hujan. Air dari genting langsung masuk ke dalam rumah dan membanjiri tempat tidur beliau. Beliau aktif jemaah salat 5 waktu ke masjid dekat rumah.

Kemudian, ada Mbah SM (70), sasaran keempat, warga Putuk Ngepung, Alasombo. Kondisi beliau sakit stroke. Beliau tinggal bersama 4 anaknya. Yang pertama bernama WG yang memiliki kondisi cacat fisik. Ketiga anak yang lainnya adalah PN, KT dan RB yang semuanya dalam kondisi tidak bisa jalan karena polio. Untuk makan sehari-hari didapat dari salah satu keponakan beliau dan warga sekitar. 

Sasaran kelima ada Mas YD (29) warga Lampeng, Alasombo. Kondisinya sebagai seorang yatim piatu dan berkebutuhan khusus. Mas YD ini diuji Allah dengan cacat fisik mata kiri buta 100% dan mata kanan 85℅. Selama ini tinggal bersama paman yang merawatnya.

Sasaran keenam adalah Mbah DL (64), warga Duren, Karangmojo. Beliau tinggal bersama suami yakni Mbah YN (68), dan putranya bernama MR. Kondisi putra beliau ini cacat fisik dan mengalami keterbelakangan mental. Pemenuhan kebutuhan sehari-hari mereka hanya mengandalkan dari jasa pijat dan belas kasih warga sekitar.

Sasaran selanjutnya, yang ketujuh, adalah Mas EK (45). Beralamat di Bulurejo, Karangmojo, Weru. Tinggal bersama dengan orang tua yg sudah sepuh, penghasilan dari bertani. Kondisi Mas EK keterbelakangan mental.

Mas EK hampir setiap malam keluar rumah untuk menawarkan jasa pijat ke orang-orang sekitar. Berapa saja dikasih diterimanya. Bahkan menurut pengakuannya, tetap saja ada orang yang dipijit tapi tidak mau membayar.

Selanjutnya, sasaran kedelapan, Mas MK (35), adik kandung Mas EK yang juga tinggal bersama orang tua. Kondisi Mas MK juga keterbelakangan mental, tak memungkinkan bersosial dengan masyarakat, apalagi bekerja.

Yang terakhir, Ibu TM (55), warga Dukuh Ngadisari, Karangmojo, Weru. Beliau merawat suami yang sakit terbaring di tempat tidur, sebulan 2 kali kontrol ke rumah sakit. Dan beberapa hari lalu, suaminya telah dipanggil Allah, sehingga saat ini masih dalam suasana duka. 

Bantuan yang disalurkan QQ Peduli berupa uang tunai untuk sedikit meringankan beban mereka, yang dikumpulkan dari infak dan sedekah para donatur yang dikelola QQ Peduli. Semoga apa yang telah disalurkan tersebut bermanfaat dan mendapat keberkahan dari Allah.

Bagi Anda yang ingin turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial dengan menyisihkan sebagian rezeki untuk para duafa, bisa menyalurkannya melalui QQ Peduli. Kontak yang bisa dihubungi melalui WhatsApp 081515522227. Demikian, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "QQ Peduli Salurkan Santunan Rutin dari Para Donatur untuk Warga yang Membutuhkan di Weru dan Sekitarnya"