Seminar Kurikulum Pesantren bersama Syekh DR Labib Najib Abdullah di Ponpes Al-Mukmin Ngruki

Formaqin (Forum Maahid dan Madaris Quran Indonesia) menggelar Seminar Pendidikan “Penyusunan Kurikulum di Pondok Pesantren & Tahapan Pembelajaran Ilmu Syar’i” dengan narasumber Syekh DR Labib Najib Abdullah.

Seminar dengan kajian full menggunakan bahasa Arab ini dilaksanakan di aula Pondok Pesantren Islam Al-Mukmin Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo pada hari Ahad, 19 November 2023.

Seminar pendidikan ini dihadiri delegasi dari berbagai ma’had dan pondok pesantren lainnya, seperti mudir, kepala pendidikan, dan pengelola pesantren. Turut hadir pada acara ini, delegasi dari PPTQ Qoryatul Qur’an.

Adapun yang diutus menjadi delegasi dari Qoryatul Qur’an adalah Ustaz Luthfi Zubaidi, Ustaz Ahmad Faris, Ustaz Nasrudin, dan Ustaz Zakki Zayrofi. Harapannya, para ustaz senior ini bisa mendapatkan banyak ilmu pengelolaan pesantren dari ahlinya.

Syekh DR Labib Najib Abdullah
Syekh DR Labib Najib Abdullah menyampaikan materi

Daurah menggunakan bahasa Arab ini diisi oleh Syekh DR Labib Najib Abdullah. Seorang ulama kelahiran Aden, Yaman pada tahun 1402 H, atau bertepatan dengan tahun 1982 M.

Ulama muda ini meraih gelar doktoral di bidang Fikih Islam dengan derajat “mumtaz” di Universitas Al-Quran al-Karim wa al-‘Ulum al-Islamiyah di Omdurman, Sudan.

Beliau adalah penulis syarah kitab rujukan pembelajaran ilmu Syar’i, peneliti karya ulama Nusantara, dan pengajar program Mufid (Mulazamah Fiqih dan Sanad).

Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan pembukaan dan sambutan dari ketua Formaqin. Setelah itu, Syekh DR Labib Najib Abdullah mulai menyampaikan materinya dalam bahasa Arab.

Beliau menjelaskan pentingnya kurikulum yang baik dan efektif dalam proses pembelajaran ilmu syar'i. Beliau juga membagikan tahapan-tahapan dalam pembelajaran yang dapat membantu para santri untuk lebih memahami dan mengaplikasikan ilmu yang mereka pelajari.

Para peserta seminar, termasuk delegasi dari PPTQ Qoryatul Qur’an, sangat antusias mengikuti daurah ini dan mendapatkan banyak pengetahuan baru.

Selama daurah, peserta juga diberi kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada Syekh DR Labib Najib Abdullah.

Hal ini tentu sangat membantu peserta untuk lebih memahami materi yang disampaikan, terkait metode, tuntutan kitabnya, permasalahan di lembaga dan lainnya. 

Syekh DR Labib Najib Abdullah
Delegasi QQ foto bersama Syekh DR Labib Najib Abdullah

Kegiatan berakhir pukul 16.00 WIB dengan doa penutup dan foto bersama. Delegasi dari Qoryatul Qur’an merasa sangat beruntung dan bersyukur bisa mengikuti daurah ini dengan segala kemudahan yang Allah berikan. 

Harapannya, ilmu yang telah didapatkan dalam seminar pendidikan ini dapat diterapkan di PPTQ Qoryatul Qur’an dan bermanfaat bagi banyak orang, terutama para santri yang menuntut ilmu di pesantren.

Kontributor: Ustaz Faris Ahmad

Posting Komentar untuk "Seminar Kurikulum Pesantren bersama Syekh DR Labib Najib Abdullah di Ponpes Al-Mukmin Ngruki"