Ziarah ke Makam Muhammad Fanni Rahman, Aktivis Dakwah Pendiri Pro-U Media Yogyakarta

Direktorat PPTQ Qoryatul Qur’an bersilaturahmi ke Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3) di Wonolelo, Sawangan, Magelang dengan maksud menyalurkan donasi dari para santri untuk kemanusiaan Palestina, melalui yayasan Sahabat Al Aqsha yang dikelola Ustaz Salim A. Fillah.

Pada kesempatan silaturahim ini, rombongan berenam yang dipimpin Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I menyempatkan berziarah ke makam Ustaz Muhammad Fanni Rahman.

Ziarah Abah Fanni Pro-U Media
Ziarah ke makam Ustaz Muhammad Fanni Rahman atau Abah Fanni

Muhammad Fanni Rahman yang semasa hidup akrab disapa dengan Kang Fanni atau Abah Fanni ini merupakan sosok aktivis dakwah yang tak kenal lelah dalam berjuang. Almarhum adalah founder Penerbit Pro-U Media Yogyakarta.

Pro-U Media adalah penerbit buku berkualitas yang tidak hanya sekadar menerbitkan buku, tapi menerbitkan gagasan dan cita-cita. Penerbit yang telah menghasilkan karya-karya bermutu yang menyeru dakwah Islam dengan baik dan bijak.

Buku-buku Pro-U Media juga terbit untuk meng-counter gagasan dan ajaran liar yg tak berkualitas, merusak dan menyesatkan akhlak khususnya kalangan remaja. Ustaz Salim A. Fillah adalah salah satu penulis yang besar bersama Pro-U Media.

Ustaz Setyadi Prihatno mengajak rombongan berziarah ke tempat peristirahatan terakhir Abah Fanni. Beliau menunjukkan fakta unik tentang pemakaman di samping Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3) yang posisi jenazah membujur ke barat-timur.

“Tradisi sejak dulu, masyarakat sini mengubur jenazah tidak membujur ke utara, tapi kepalanya di barat,” kata Ustaz Setyadi. Dan Abah Fanni dimakamkan di sini tapi menyelisihi tradisi yang ada.

Bisa dikatakan, Abah Fanni meski sudah meninggal dunia, tapi pusaranya masih tetap berdakwah, yakni dengan mengajarkan pemakaman yang sesuai syariat Islam, membujur ke utara dengan badan dan wajah menghadap ke barat, ke arah kiblat.

Untuk diketahui bersama, semasa hidup Abah Fanni pernah menjabat sebagai Ketua Umum Takmir Masjid Jogokariyan pada 2016. Kemudian pada 2020 menjadi anggota Dewan Syuro Masjid Jogokariyan. Abah Fanni juga pendiri Pesantren Masyarakat Merapi Merbabu (PM3).

Ustaz Luthfi Zubaidi kemudian memimpin doa untuk arwah Abah Fanni yang wafat pada Senin, 2 Agustus 2021, pada usia 43 tahun tersebut, agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah ﷻ.

Referensi: hidayatullah.com, langit7.id, proumedia.co.id, rizkybarokah.co.id

Posting Komentar untuk "Ziarah ke Makam Muhammad Fanni Rahman, Aktivis Dakwah Pendiri Pro-U Media Yogyakarta"