10 Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ikuti Ospek Bersama 7 Ma’had di Sekipan Tawangmangu

Kepala unit Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I memimpin pelaksanaan apel pelepasan 10 mahasantri yang akan mengikuti ospek bersama 7 ma’had di Bumi Perkemahan Sekipan Tawangmangu.

Apel pelepasan
Apel pelepasan mahasantri

Pada apel pelepasan, Ustaz Luthfi memberikan nasihat dan arahan guna menambah spirit dan terus memberikan pesan agar para delegasi mahasantri senantiasa meluruskan niat, menjaga adab serta ukhuwah saat mengikuti acara ospek bersama nantinya.

Pelepasan ospek
Prosesi pelepasan mengikuti ospek bersama

Usai apel pelepasan, para mahasantri bersalaman kepada seluruh asatiz untuk berpamitan dan juga bersalaman sesama peserta mukhayyam.

Pemberangkatan menuju lokasi ospek menggunakan 2 mobil. Diantar oleh Ustaz Luthfi Zubaidi, Ustaz Khoiruddin, dan Ustaz Muhammad Devi Syahputra.

Mukhayyam ospek berlokasi di Bumi Perkemahan Sekipan Tawangmangu yang merupakan salah satu wisata unggulan di wilayah Karanganyar. Tempat ini adalah bagian dari Hutan Wisata yang berada di ketinggian 1100 mdpl dan berada di lereng barat daya gunung Lawu.

Bumi Perkemahan Sekipan Tawangmangu ini tepatnya berada di Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Selain cocok untuk kegiatan fisik, lokasi ini juga merupakan tempat rekreasi yang menarik, yang mendekatkan dengan alam.

Kegitan ospek ini berlangsung 2 hari, yakni tanggal 23-24 Oktober 2023. Dikuti oleh 7  ma’had yaitu Ma’had Baitul Hikmah, Ma’had Aly Qoryatul Qur’an, Ma’had Tarbiyatul Ummah, Ma’had PM3, Ma’had Al Amir, Ma’had Ki Bagus Hadikusumo, dan Ma’had Baitul Makmur.

Bumi perkemahan Sekipan
Pelaksanaan ospek bersama di Bumi Perkemahan Sekipan

Dalam acara pembukaan ospek turut hadir Ustaz Ihsan Saifudin, dr. Harun Rosyid, Ustaz Luthfi Zubaidi, dan para asatiz dari berbagai ma’had yang turut bergabung mukhayyam.

Direktur Umum PPTQ Qoryatul Qur’an Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I yang menyempatkan hadir ke lokasi ospek mengaku terharu karena dr. Harun Rosyid dan Ustaz Ihsan Saifudin di tengah-tengah kesibukan yang luar biasa dan kondisi fisik yang semakin lemah karena usia, masih menyempatkan diri untuk menengok, menyapa dan membersamai para mahasantri saat kegiatan ini.

“Beliau berdua ingin menunjukkan bahwa acara ini sangat penting, saking pentingnya beliau tinggalkan semua aktivitasnya agar bisa hadir di momentum yang sangat berharga ini,” ungkap Ustaz Setyadi.

Pembinaan para mahasantri dari berbagai ma’had ini oleh instruktur dari Insan Mulia, serta materi dari TNI dan kepolisian. Juga turut memberi nasihat dan pembinaan oleh Ustaz Setyadi Prihatno, Ustaz Hasyim Makmun Tohar, Ustaz Ipung, dan asatiz lainnya.

Foto bersama
Foto bersama seluruh peserta ospek

Berbagai ragam latihan dilalui oleh para peserta ospek, baik berupa latihan mental, latihan fisik, dan berbagai keterampilan bertahan hidup di alam bebas.

Penutupan acara pada hari Rabu, 24 Oktober 2023. Setelah para instruktur memberikan pesan dan arahan, para peserta juga memberikan testimoni kegiatan berupa kesan dan pesan usai mengikuti ospek di Bumi Perkemahan Sekipan Tawangmangu ini.

Kontributor: Ustaz Muhammad Devi Syahputra

Posting Komentar untuk "10 Mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an Ikuti Ospek Bersama 7 Ma’had di Sekipan Tawangmangu"