Nasihat dan Doa Ustaz Imam Yogo pada Acara Khataman Hafalan Al-Qur’an 30 Juz PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis

Sejumlah 12 santriwati kelas XII Imtaq PPTQ Qoryatul Qur’an di komplek Jetis, Krajan, mengikuti acara Khataman Setoran Hafalan Al-Qur’an 30 Juz pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023. Acara ini diselenggarakan untuk memberi apresiasi kepada para santriwati yang telah menyelesaikan hafalan 30 juz.

Khotimat Jetis
Santri khotimat berfoto dengan ustaz-ustazah

Ustaz Jaiman Abdullah atau yang akrab disapa para santri dengan sebutan Abi Jaiman yang juga selaku sesepuh di komplek Jetis ini menyampaikan apresiasi kepada para ustaz-ustazah yang telah mengorbankan waktu dan tenaga sehingga menjadikan para santri menjadi orang yang berhasil.

Ustaz Jaiman Abdullah
Abi Jaiman sampaikan apresiasi

Abi Jaiman juga berterima kasih kepada para wali santri yang telah mempercayakan Qoryatul Qur’an sebagai tempat pendidikan bagi putri-putrinya. Dan apresiasi bagi para santri sekalian sebagai penghafal Al-Qur’an dan menjadi keluarga Allah. Aamiin.

Di pengujung acara, Ustaz Imam Yogo Susilo selaku kepala komplek Jetis menyampaikan nasihat dan doa. Ustaz Imam menukil perkataan dari Umar bin Khattab RA yang mengingatkan bahwa Al-Qur’an adalah pahala, kehormatan, dan simpanan bagi para penghafalnya.

Jika engkau bisa, jadikanlah Al-Qur’an sebagai temanmu, dan jangan sampai ia menjadi musuhmu. Sebab, barang siapa yang mana Al-Qur’an menjadi temannya niscaya ia masuk surga. Dan barangsiapa dimusuhi Al-Qur’an, niscaya ia masuk neraka,” kata Umar bin Khattab dalam Hayatush Shahabah (Syekh Muhammad Yusuf Al-Kandahlawi, 2019).

Ustaz Imam Yogo
Ustaz Imam sampaikan nasihat dan doa

Beliau juga menyampaikan sebuah hadis, bahwa seorang penghafal Al-Qur’an tak hanya mendapat keutamaan untuk diri sendiri saja, melainkan juga membawa keluarganya, bahkan mampu memberikan syafaat.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَحَفِظَهُ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ وَشَفَّعَهُ فِي عَشَرَةٍ مِنْ أَهْلِ بَيْتِهِ كُلُّهُمْ قَدْ اسْتَوْجَبُوا النَّارَ

Barangsiapa yang membaca Al-Qur’an dan menghafalkannya, maka Allah masukkan ia ke surga, dan memberikan syafaat kepadanya sepuluh dari keluarganya yang semua divonis masuk neraka.”

Akhirnya, Ustaz Imam berharap agar para santri jangan sampai berhenti pada menghafal Al-Qur’an saja. Namun, berlanjut sampai titik memahami dan mengajarkannya.

Dan apabila tidak bisa mengajarkan dengan ayatnya, maka tunjukkan akhlak yang mencerminkan sebagai seorang penghafal Al-Qur’an.

Santri khotimat Jetis
Khotimat dan teman seperjuangan

Ustaz Imam mengakhiri nasihat dengan berdoa untuk kebaikan semuanya, baik para santri khotimat, ataupun santri yang masih proses menyelesaikan hafalan. Juga mendoakan keberkahan untuk semua hadirin.

Acara Khataman Setoran Hafalan Al-Qur’an 30 Juz di PPTQ Qoryatul Qur’an di komplek Jetis, Krajan ini berjalan lancar, khidmat, dan penuh suasana mengharukan. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Kontributor: Ustazah Arytamala

Posting Komentar untuk "Nasihat dan Doa Ustaz Imam Yogo pada Acara Khataman Hafalan Al-Qur’an 30 Juz PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Jetis"