QQ Peduli Hadiri Silaturahmi RS Nirmala Suri dengan Jejaring Relawan Ambulance Sukoharjo

Pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023, QQ Peduli hadiri undangan silaturahmi Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo dengan para relawan ambulans yang tergabung dalam wadah FAST (Forum Ambulance Sukoharjo Bersatu).

PPTQ Qoryatul Qur’an mengutus 2 driver ambulans QQ Peduli yakni Ustaz Raihan Afif Ilyasa dan Ustaz Aldi Hermawan untuk menghadiri silaturahmi dan kopdar yang diadakan di Rumah Makan Dhamar Roso yang beralamat di Jl. Kyai Mawardi No 8 Jombor, Bendosari, Sukoharjo itu.

Ustaz Ilyas dan Ustaz Aldi
Ustaz Ilyas dan Ustaz Aldi

Pada acara silaturahmi ini, panitia menghadirkan beberapa pembicara dengan materi berbeda-beda. Di antaranya adalah dr. Titis Wahyono, M.Si yang menyampaikan materi tentang pelatihan emergency transport.

Transportasi darurat adalah unit transportasi medis yang dilengkapi dengan peralatan medis untuk mengangkut, menangani pasien gawat darurat, memberikan pertolongan pertama, dan melakukan perawatan intensif selama dalam perjalanan menuju rumah sakit rujukan.

Selain itu ada juga dr. Tuko Srimulyo, Sp.JP, FIHA, M.Kes yang menyampaikan materi pelatihan Basic Life Support (BLS) yang merupakan pelatihan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang agar mampu melakukan Resuitasi Jantung Paru (RJP) dengan segera pada saat mendapati seseorang mengalami henti jantung sebelum bantuan medis tiba.

Pembicara selanjutnya adalah Kasatlantas Sukoharjo AKP Betty Nugroho, S.H, M.H yang menyampaikan imbauan agar masyarakat tertib berlalu lintas di jalan raya. Salah satu hal yang ditekankan adalah agar ambulans tidak perlu dikawal motor ketika membawa pasien.

Ambulans Sukoharjo
Kopdar ambulans Sukoharjo

Sipil yang melakukan pengawalan ambulans dapat ditilang sesuai Pasal 287 Ayat 4 yang membahas tentang pelanggaran penggunaan hak utama di jalan dengan ancaman denda Rp250 ribu atau hukuman kurungan paling lama satu tahun.

Sebagai penutup ada sosialisasi dari Jasa Raharja selaku perusahaan asuransi sosial milik negara (BUMN) yang bertanggung jawab mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas bagi penumpang baik angkutan umum, kendaraan pribadi, maupun pejalan kaki.

Acara silaturahmi yang digelar sekitar 3 jam ini diakhiri dengan makan bersama sekaligus untuk keakraban sesama relawan ambulans. Semoga dengan mengikuti kegiatan semacam ini, tim QQ Peduli bisa meng-upgrade ilmu untuk layanan yang lebih baik bagi umat. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Raihan Afif Ilyasa dan Ustaz Aldi Hermawan

Posting Komentar untuk "QQ Peduli Hadiri Silaturahmi RS Nirmala Suri dengan Jejaring Relawan Ambulance Sukoharjo"