Sarah Alifa Al-Haramain, Santri 8D MTs PPTQ Qoryatul Qur’an Setorkan 5 Juz Sekaligus

Salah satu yang membuat seseorang kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an adalah niat bukan karena Allah ﷻ. Padahal niat pertama yang harus dihadirkan adalah ikhlas karena Allah Ta'ala. Apabila niatnya karena Allah ﷻ maka akan dimudahkan dalam menghafal dan mempelajari Al-Qur’an.

Sebagai motivasi, dalam Surat Al-Qamar pada ayat 17, 22, 32 dan 40, Allah ﷻ menyatakan bahwa Al-Qur’an telah dimudahkan untuk dihafal. Ini menjadi sugesti positif bagi manusia yang merenunginya bahwa Al-Qur’an memang sungguh mudah untuk dihafal.

Para santri PPTQ Qoryatul Qur’an sebagai pejuang penghafal Al-Qur’an, mereka menjadikan Allah ﷻ sebagai prioritas niat dalam proses tersebut. Satu per satu juz mulai ditaklukkan, dan itu adalah pertolongan Allah Yang Maha Kuasa.

Seperti santri putri bernama Sarah Alifa Al-Haramain yang mulai menunai jerih payahnya, telah berhasil menyetorkan hafalan Al-Qur’an sejumlah 5 juz sekali duduk.

Sarah Alifa Al-Haramain
Sarah Alifa Al-Haramain

Sarah, begitu ia biasa disapa, adalah santri kelas 8D MTsTQ Qoryatul Qur’an yang tinggal di komplek Asemlegi, Gabeng. Sarah telah menyetorkan juz 30, 29, 1, 2, 3 kepada Ustazah Hilda Rofiqoh.

Santri asal Klaten ini berhasil menghafal 5 juz tersebut dalam waktu sekitar 1 tahun 10 hari. Buah kegigihannya itu disetorkan pada hari Jumat, 22 September 2023 di aula Al-Mabrur Asemlegi.

Anak ke-3 dari 6 bersaudara pasangan Bapak Yunianto dan Ibu Martini Puji Hastuti ini terlahir di Klaten, 8 Desember 2009. Sarah gemar olahraga renang, dan cita-citanya ingin menjadi dokter. Semoga Allah ﷻ kabulkan.

Ketika ditanya kesannya setelah setoran 5 juz, Sarah mengaku bersyukur dan bahagia. Ia pun berjanji akan terus murajaah, sebagai bukti kesetiaannya kepada Al-Qur’an. “Tak ada kata lelah dalam berjuang,” katanya.

Sarah hendaknya menyadari bahwa orang yang menghafal Al-Qur’an hanyalah mereka yang dipilih Allah ﷻ untuk menjaga Al-Qur’an. Maka ketika sudah berniat untuk menghafal Al-Qur’an, berbaik sangkalah bahwa Allah ﷻ telah memilih untuk menjadi penjaga Al-Qur’an dan mendapatkan bagian kemuliaan dari Al-Qur’an.

Menambah hafalan Al-Qur’an berarti menambah kemuliaan dari Allah ﷻ. Menjaganya berarti berupaya mempertahankan kemuliaan itu. Semangat terus, Sarah! Kamu pasti bisa.

Kontributor: Ustazah Isti’ana Maratush S

Posting Komentar untuk "Sarah Alifa Al-Haramain, Santri 8D MTs PPTQ Qoryatul Qur’an Setorkan 5 Juz Sekaligus"