Chichilia Zahra Shufiah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas 3 Matiq, Setoran Hafalan 5 Juz Sekali Duduk

Chichilia Zahra Shufiah, Santri Kelas 3 Matiq MATQ Qoryatul Qur’an telah tuntas hafal 30 juz, dan pada kesempatan ini, ia membuktikan diri mampu menyetorkan 5 juz sekali majelis. Menjaga hafalan juga langkah yang membuatnya cerdas.

KH Ahsin Sakho Muhammad, pakar ilmu-ilmu Al-Qur’an, dalam bukunya, Menghafalkan Al-Qur’an, 2017, mengungkapkan keutamaan bagi penghafal Al-Qur’an. Salah satunya adalah bahwa penghafal Al-Qur’an telah mengaktifkan sel-sel otaknya yang berjumlah miliaran melalui kegiatan menghafal.

Dengan demikian, kegiatan menghafal Al-Qur’an berpotensi untuk menjadikan otak menjadi semakin kuat dan cerdas. Sama seperti anggota tubuh lainnya, jika dilatih terus menerus maka akan menjadi kuat.

Orang tua mana yang tidak menginginkan anak-anaknya menjadi cerdas? Maka dari itu, perlu melatih otak agar berfungsi dengan optimal, di antaranya melalui hafalan demi hafalan ayat Al-Qur’an.

Orang tua yang paham akan hal ini akan membiasakan anak bercengkerama dengan Al-Qur’an sejak usia dini. Usia anak-anak memang cenderung lebih mudah dalam menghafal apa saja, termasuk ayat-ayat Allah ﷻ.

Ada peribahasa yang populer dan sering kita dengar mengatakan bahwa belajar di waktu kecil bagai mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa bagai melukis di atas air.

Penggalan kalimat pertama dari peribahasa tersebut memiliki makna yang memotivasi orang tua agar mendidik anak sejak usia dini karena pengaruhnya akan terlihat jelas.

Kembali kepada Chichilia Zahra Shufiah yang telah menuai hasil dari kegigihannya menghafal Al-Qur’an. Santri yang biasa disapa dengan nama panggilan Chichilia ini adalah putri dari pasangan Bapak Muhammad Anton, ST dan Ibu Sri Supartini, Amd.

Chichilia Zahra Shufiah
Chichilia Zahra Shufiah

Chichilia yang berasal dari Tanjungsari, RT 3 RT 13, Krakitan, Bayat, Klaten ini terlahir di Klaten, 15 Februari 2006. Setoran sekali majelis kali ini disimak oleh Ustazah Khusnul, pada hari Sabtu, 23 September 2023 pada pukul 10.15-12.10 WIB (2 jam 10 menit).

Chichilia yang hobi olahraga memanah ini punya cita-cita menjadi dokter sekaligus daiyah. Motivasinya menghafal Al-Qur’an adalah untuk mencari rida Allah dan memberikan syafaat kepada kedua orang tua.

Imam Nawawi pernah mengatakan, “Bersemangatlah dalam melakukan ketaatan pada Allah ﷻ, selalu berharaplah pada Allah ﷻ dan carilah dengan meminta tolong pada-Nya. Jangan patah semangat, yaitu jangan malas dalam melakukan ketaatan dan jangan lemah dari mencari pertolongan.”

Chichilia berpesan buat teman-teman masih berjuang, agar tetap istikamah dalam menghafa. Bagi yang sudah agar juga tetap istikamah untuk memurajaah.

Kontributor: Ustazah Retno Iswati

Posting Komentar untuk "Chichilia Zahra Shufiah, Santri MATQ Qoryatul Qur’an Kelas 3 Matiq, Setoran Hafalan 5 Juz Sekali Duduk"