Alwan Al Ghozy, Santri Kelas XII Imtaq MATQ Qoryatul Qur’an Tuntaskan Hafalan 30 Juz

Salah satu santri kelas Kelas XII Imtaq Qoryatul Qur’an komplek Alasombo bernama Alwan Al Ghozy telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz. Prestasi yang menjadi impian para santri penghafal Al-Qur’an yang menjadikannya sebagai ahlul qur’an dan ahlullah (keluarga Allah).

Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan hamba pilihan-Nya.” (HR. Ahmad)

Alwan menyetorkan hafalan juz 25 sebagai setoran terakhir jadi genap 30 juz. Disimak oleh Ustaz Wahyu Almanda pada hari Kamis, 28 September 2023 bertempat di Aula PPTQ Qoryatul Qur’an Komplek Kauman. Untuk menyelesaikan hafalan 30 juz, ia menghabiskan waktu sekitar 2 tahun 3 bulan.

Alwan Al Ghozy
Alwan Al Ghozy

Alwan adalah anak ke-2 dari 4 bersaudara, pasangan Bapak Tugimin dan Ibu Sri Wahyuni. Berasal dari Jati, Masaran, Sragen. Semoga dengan menjadi hafiz Qur’an bisa mengangkat derajat kedua orang tua Alwan ke tempat yang tinggi di hadapan Allah. Salah satu keutamaan para penghafal Qur’an adalah memberikan mahkota surga untuk orang tua di akhirat kelak.

Siapa yang menghafal Al-Qur’an, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan Al-Qur’an.” (HR. Hakim).

Santri kelahiran Sragen, 27 Juni 2005 ini memiliki kegemaran sepak bola dan kelak bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Semoga Allah memudahkan dalam menggapainya.

“Alhamdulillah, senang banget,” ungkapnya saat ditanya kesan setelah menyetorkan juz terakhir. Kiat yang dilakukan Alwan selama ini adalah dengan memahami artinya dulu, baru dihafal. Yang pasti, ia juga mengakui, dalam menghafal memang butuh ketelatenan. “Teruslah berjuang untuk agama dan bangsa,” katanya.

Semoga dengan hafalan ini, Alwan bisa mendapat kedudukan di surga disesuaikan dengan banyaknya ayat yang dihafal. Ditawarkan kepada penghafal Al-Qur’an, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan Al-Qur’an ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” (HR. Abu Daud dan Turmudzi)

Semoga Allah memudahkan Alwan dalam menjaga hafalannya, tetap istikamah menjalani hidup bersama Al-Qur’an, mampu menjadikan Al-Qur’an sebagai panduan dalam hidup ini, mulia bersama Al-Qur’an. Aamiin.

Kontributor: Ustaz Wahyu Almanda

Posting Komentar untuk "Alwan Al Ghozy, Santri Kelas XII Imtaq MATQ Qoryatul Qur’an Tuntaskan Hafalan 30 Juz"