Adelia Ayu Pertiwi, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Grogol Selesai Hafalan Juz Amma

Adelia Ayu Pertiwi, salah satu santri dari Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Grogol atau Perbatasan, telah menyelesaikan hafalan juz 30. Sebuah langkah awal untuk menuju hafalan 30 juz, insya Allah.

Santri yang biasa dipanggil dengan nama Ayu ini adalah putri dari Bapak Sri Widodo dan Ibu Sumiyem, warga Dukuh Tundungan, Pakisan, Cawas, Klaten.

Ayu lahir di Klaten, tanggal 8 Juni 2013. Punya hobi memasak dan bersepeda. Kelak besar, Ayu ingin menjadi seorang guru. Sebuah cita-cita mulia agar ilmu yang dimiliki nantinya lebib bermanfaat.

Adelia Ayu Pertiwi
Adelia Ayu Pertiwi

Ayu menyetorkan hafalan juz 30 atau juz amma kepada Ustaz Bilal Ahmad Mubaroq, selaku penanggung jawab di Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Grogol, pada hari Sabtu, 30 September 2023. Perlu waktu sekitar 5 tahun bagi Ayu, dari belajar membaca iqro sampai hafal juz amma ini.

Bocah kelas 5 (lima) di MIN 5 Sukoharjo mengaku bahagia karena akhirnya bisa menghafal juz 30 dari Surat An Naba hingga Surat An Nas.

“Semoga dengan hafalan ini, saya dapat lebih baik dan bisa menghafal juz lainnya,” kata Ayu. Kepada teman-teman yang juga sedang berusaha menghafal, ia berpesan singkat, “Jangan pantang menyerah!”

Sebagai orang tua, kita harus tahu bahwa berawal dari menghafal juz amma inilah tujuan untuk menanamkan kecintaan anak pada Al-Qur’an dimulai dalam rangka mencetak generasi yang Qur’ani.

Keakraban anak dengan Al-Qur’an ini diharapkan dapat menjadi bagian yang menyatu dalam perilaku anak sehari-hari baik di lingkungan sekolah atau di masyarakat.

Orang tua juga musti tahu, selain untuk menanamkan karakter religius, tujuan dari hafal juz amma akan membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab bagi anak yang sukses menghafalkannya.

Pembentukan karakter disiplin dan bertanggung jawab melalui kegiatan menghafal juz amma dilatih dengan membiasakan tertib dan teratur waktu.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan secara terus-menerus akan menumbuhkan kedisiplinan dan tanggung jawab anak, karena sudah menjadi kebiasaan untuk mereka.

Kontributor: Ustaz Aldi Hermawan

Posting Komentar untuk "Adelia Ayu Pertiwi, Santri Griya Tahfizh Qoryatul Qur’an Grogol Selesai Hafalan Juz Amma"