Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI ke-78 di Pesantren Qoryatul Qur’an

PPTQ Qoryatul Qur’an menggelar pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 di setiap komplek, pada hari Kamis, 17 Agustus 2023.

Para santri MTs putri melaksanakan upacara di komplek Asemlegi, Gabeng, dimulai pukul 06.30 WIB, dengan Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I, sebagai pembina upacara. Turut berbaris juga anak-anak siswa MITQ Qoryatul Qur’an mengikuti upacara di Asemlegi ini.

Upacara bendera
Upacara pengibaran sang saka di komplek Asemlegi

Di waktu bersamaan, para santri MTs putra dan MA kelas 1-2, mengikuti upacara pengibaran sang saka di komplek Kauman, Jatingarang dipimpin oleh pembina upacara Ustaz Agus Umar Ar-Rifai, S.Pd.I, kepala unit MTs.

Upacara 17 Agustus 2023
Upacara peringatan HUT RI di komplek Kauman

Sementara untuk santri MA putri bertempat di komplek Pucung, Karangmojo. Dipimpin langsung oleh kepala komplek Ustaz Nasrudin, ditemani kepala unit MA Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I, M.P.I.

Upacara HUT RI
Upacara Agustusan di komplek Pucung

Di komplek Jonggring Saloka, Tegalrejo, Karanganyar, mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an putra melaksanakan upacara dengan pembina Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I selaku kepala unit Ma’had Aly.

Upacara bendera
Upacara di komplek Jonggring Saloka

Para santri putri MA kelas 3 melaksanakan upacara peringatan 17 Agustus di komplek Jetis, Krajan. Yang memimpin adalah Ustaz Imam Yoga, selaku kepala komplek Jetis.

Upacara
Upacara peringatan HUT RI 78 di komplek Jetis

Yang terakhir, di komplek Babadan, dilaksanakan jelang siang karena harus menyesuaikan waktu dari Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc., M.H.I sebagai pembina upacara. Diikuti mahasantri Ma’had Aly dan MAQRA putri.

Upacara bendera
Upacara pengibaran sang saka di komplek Babadan

Sementara untuk para santri putra MA kelas 3 mengikuti upacara tingkat kecamatan Weru yang dilaksanakan di Lapangan Desa Ngreco.

Tema besar yang diusung pada peringatan kemerdekaan tahun ini adalah Terus Melaju untuk Indonesia Maju. Maknanya sebagai gambaran pencapaian yang sukses diraih sehingga posisi Indonesia menguntungkan dalam melanjutkan gerak pembangunan negara.

Melalui tema tersebut, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju. Peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Rangkaian susunan acara seperti umumnya ada dalam pelaksanaan upacara, seperti pembacaan teks proklamasi, pancasila, pembukaan UUD 1945, dan pengibaran bendera merah putih.

Selain itu ada penambahan pembacaan Surat Al Fatihah dengan harapan bisa menghadirkan keberkahan bagi kegiatan ini, dan lebih jauh keberkahan bagi negeri ini agar berada dalam rida Allah.

Melalui upacara ini, diharapkan para santri PPTQ Qoryatul Qur’an dapat menyadari betapa berharganya kemerdekaan yang telah diraih para pendahulu dengan pengorbanan tenaga, waktu, jiwa dan raga.

HUT RI 78
Santri mengucapkan selamat HUT RI

Sebagai generasi muda harus tetap menjaga serta memperjuangkan nilai-nilai kemerdekaan tersebut. Upacara 17 Agustus juga bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi seluruh santri sebagai warga negara Indonesia.

Posting Komentar untuk "Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih HUT RI ke-78 di Pesantren Qoryatul Qur’an"