QQ Peduli Hadiri Acara Gathering Relawan Ambulance HUT RS Panti Waluyo di Hotel Amrani Surakarta

Rabu, 23 Agustus 2023. Dua relawan QQ Peduli, Ustaz Raihan Afif Ilyasa, S.Pd dan Ustaz Aldi Hermawan, menghadiri undangan panitia perayaan hari ulang tahun RS Panti Waluyo Surakarta.

Acara bertajuk Gathering Jejaring Relawan Ambulance yang mengangkat materi Penanganan Pertama Luka Terbuka dengan pembicara dr. Ambrosius Issa Barnianto, Sp. B, M.Si.Med.

Pertemuan para relawan ambulans se-Soloraya ini dimulai sekira pukul 09.00 WIB, digelar di Hotel Amrani, ballroom Ar Rahman lantai 5, Jl. Slamet Riyadi No.534, Kerten, Laweyan, Surakarta.

Gathering Ambulans RS Panti Waluyo
Ustaz Aldi Hermawan dan Ustaz Raihan Afif Ilyasa dari QQ Peduli

Sesuai rundown acara yang telah di-share panitia sebelumnya, setelah pembukaan dan doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, sambutan pertama disampaikan oleh Direktur RS Panti Waluyo drg. Fransisca Assisi Titis Pamungkas, M.M.

Direktur menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para relawan ambulans se-Soloraya yang tergabung dalam grup KOBER (Komunitas Bersama Relawan Ambulance) pada acara gathering yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun ke-86 RS Panti Waluyo.

Pada sambutan kedua, panitia penyelenggara gathering menyampaikan sosialisasi program unggulan dari RS Panti Waluyo yang menyasar masyarakat ekonomi kurang mampu dengan Program Kekasih atau Keluarga Kasih.

Program Kekasih merupakan layanan kesehatan dengan tarif tunggal (single tarif) yang terjangkau. Kepesertaan Program Kekasih ini adalah masyarakat yang hanya mampu membayar pelayanan kesehatan di kelas III, namun berkesempatan mendapat layanan VIP atau kelas I dan II.

Panitia juga menyosialisasikan klinik PILA (klinik proktologi) dengan teknik penanganan penyakit wasir yang hanya dalam waktu 5-10 menit untuk satu benjolan, dan cukup penanganan satu hari tanpa menginap untuk benjolan melingkar.

Acara inti penyampaian materi Penanganan Pertama Luka Terbuka oleh dr. Ambrosius Issa Barnianto, Sp. B, M.Si.Med. Menurut dokter, ilmu ini penting bagi siapa saja terutama driver ambulans ketika menjumpai kecelakaan di jalan atau mendapat panggilan emergency lakalantas.

Beberapa tindakan yang harus dilakukan di antaranya mengamankan korban dari kerumunan banyak orang yang biasanya mendekat, mengamankan dari kemungkinan tertabrak kendaraan lain yang melintas.

Ustaz Aldi Hermawan
Ustaz Aldi Hermawan menerima souvenir dalam sesi tanya jawab

Perhatikan prinsip ABC yang harus diterapkan ketika menghadapi keadaan gawat darurat. ABC adalah Airways (jalan napas), Breathing (bantuan napas), dan Circulation (bantuan sirkulasi).

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa jalan napas korban. Jika korban tampak kesulitan bernapas, jangan ragu untuk melakukan pernapasan buatan. Ada tiga cara menggunakan mulut untuk pernapasan buatan: mulut ke mulut atau hidung, masker mulut ke CPR, dan mulut ke APD.

Jika pasien kehilangan kesadaran, tidak bernapas, tidak ada denyut nadi dan detak jantung, korban akan mengalami henti jantung. Tindakan selanjutnya adalah pompa jantung atau resusitasi jantung. Lakukan pijat jantung seperti melakukan teknik memompa, dengan kedua tangan menekan dada, ditopang oleh lutut.

Perawatan luka yang tepat penting dilakukan agar luka dapat cepat sembuh dan mencegah luka mengalami infeksi. Tindakan ini meliputi menjaga kebersihan luka, menutup luka, dan memilih obat untuk luka yang aman.

Banyak hal disampaikan oleh pembicara terkait penanganan pertama pada luka terbuka yang disampaikan di hadapan para relawan ambulans. Harapannya, tentu agar para relawan bisa tepat dalam menangani kondisi darurat dengan pertolongan pertama sebelum kemudian diangkut ke rumah sakit.

Gathering Ambulans RS Panti Waluyo
Foto bersama para relawan ambulans Soloraya

Gathering yang diadakan panitia perayaan hari ulang tahun RS Panti Waluyo Surakarta yang ke-86 ini berlangsung lancar sampai selesai sekira pukul 11.00 WIB dilanjutkan makan siang dan penutupan.

Kontributor: Ustaz Raihan Afif Ilyasa, S.Pd dan Ustaz Aldi Hermawan

Posting Komentar untuk "QQ Peduli Hadiri Acara Gathering Relawan Ambulance HUT RS Panti Waluyo di Hotel Amrani Surakarta"