Siyahah dan Penutupan MOMs Ma’had Aly Qoryatul Qur’an di Watu Tetes Bukit Paralayang Ngawen

Para mahasantri baru Ma’had Aly Qoryatul Qur’an putra angkatan V telah usai mengikuti rangkaian kegiatan MOMs (Masa Orientasi Mahasiswa Baru) di Komplek Jonggring Saloka, Tegalrejo. Kegiatan awal tahun ajaran 2023/2024 ini diharapkan dapat mengenalkan mahasantri dengan lingkungan baru di pesantren.

Kurang-lebih selama sepekan ini, mereka belajar beradaptasi dengan suasana komplek sekaligus berkenalan dengan para asatidz dan kakak angkatan. Dan pengujung acara penutupannya digelar di obyek wisata Watu Tetes Bukit Paralayang Ngawen pada Senin, 17 Juli 2023.

Ma’had Aly Qoryatul Qur’an
Mahasantri baru Ma’had Aly Qoryatul Qur’an 

Kawasan Watu Tetes atau tepatnya berada di Dukuh Wonongso, Kalurahan Tancep, Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, adalah sebuah destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan indah dari atas bukit.

Bersama para asatidz Komplek Jonggring Saloka dan mahasantri angkatan IV, para mahasantri baru itu berangkat ke lokasi kegiatan dengan berjalan kaki. Start dari pondok sekitar pukul 06.00 WIB, sampai di Watu Tetes pukul 10.00 WIB.

Wisata Watu Tetes
Berjalan menuju Watu Tetes

Sesampai di sana, diawali acara keakraban semua peserta, kemudian lanjut makan siang bersama. Setelah makan siang, barulah dilaksanakan acara penutupan MOMs secara resmi oleh Mudir Ma’had Aly Qoryatul Qur’an, Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc. MH.

Penutupan MOMs QQ
Acara penutupan MOMs QQ

Selain menutup kegiatan MOMs, Ustaz Luthfi juga berkenan menyampaikan arahan, motivasi, dan nasihat untuk seluruh mahasantri baru. Sesi Ustaz Luthfi berakhir seiring tibanya waktu Zuhur dan lanjut melaksanakan secara berjemaah.

Setelah jemaah Salat Zuhur, dilanjutkan kegiatan sosial yaitu membersihkan sampah-sampah bekas jajanan atau bungkus makanan yang banyak bercecer di kawasan wisata Watu Tetes tersebut.

Di balik keindahan setiap destinasi wisata di negeri ini, sampah memang selalu menjadi permasalahan terbesar. Padahal membuang sampah sembarangan, terutama yang berbahan plastik, dapat merusak lingkungan di lokasi wisata itu.

Baksos bersihkan sampah
Para mahasantri bersihkan sampah

Giat kebersihan lingkungan oleh para mahasantri Ma’had Aly Qoryatul Qur’an ini juga menjadi upaya memupuk kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan di mana pun berada. Apalagi kita semua tahu, dalam Islam nilai kebersihan itu menjadi bagian dari keimanan.

Watu Tetes
Menikmati pemandangan Watu Tetes

Setelah berjemaah Salat Asar, barulah seluruh peserta bergerak pulang. Kembali berjalan kaki menuju Komplek Jonggring Saloka di Tegalrejo, Karanganyar, Weru. Tiba kembali di pondok sekitar pukul 20.00 WIB. Kelelahan berjalan terbayar dengan keseruan yang menyenangkan.

Kontributor: Ustaz Muhammad Devi Syahputra

Posting Komentar untuk "Siyahah dan Penutupan MOMs Ma’had Aly Qoryatul Qur’an di Watu Tetes Bukit Paralayang Ngawen"