IPHI Kecamatan Weru Bekerja Sama dengan Qoryatul Qur’an Gelar Donor Darah di Akhir Juli 2023

Senin, 31 Juli 2023. IPHI Kecamatan Weru bekerja sama dengan PPTQ Qoryatul Qur’an melalui unit QQ Peduli, menggelar kegiatan donor darah yang bertempat di gedung IPHI Weru, komplek Masjid Al Furqon, di Dukuh Tlemek, Desa Karanganyar, Kecamatan Weru.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB ini didukung oleh PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) komisariat Sukoharjo dan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Sukoharjo yang berkenan memfasilitasi donor.

Pengertian donor darah, menurut Daradjatun dalam Pedoman Pelayanan Transfuse Darah (2008), adalah proses pengambilan darah dari seseorang yang dilakukan secara sukarela untuk disimpan di bank darah yang digunakan untuk keperluan transfusi darah.

Mendonorkan darah adalah perbuatan mulia. Darah yang kita donorkan dapat menjadi perantara penyelamat jiwa orang lain. Bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah.

Selain bermanfaat bagi penerima, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pemberi donor. Salah satu manfaat donor darah adalah dapat membantu menstimulasi produksi sel darah merah.

Setelah dilakukan donor darah, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah yang baru untuk menggantikan darah yang telah berkurang. Darah pun akan tergantikan menjadi darah yang lebih segar dan sehat.

Donor darah IPHI Weru
Ustaz Didik Efendi awali donor darah

Pelaksanaan donor darah diawali oleh Ustaz Didik Efendi, S.T selalu Ketua IPHI Kecamatan Weru sebagai peserta pertama. Dilanjutkan Ustaz Adi Prayogo selaku koordinator QQ Peduli, berlanjut para tokoh IPHI dan para relawan QQ Peduli lainnya.

Donor darah QQ Peduli
Ustaz Adi Prayogo donor darah

Kegiatan donor darah ini diikuti oleh keluarga besar PPTQ Qoryatul Qur’an, baik para asatidz maupun santri dan mahasantri, yang memenuhi syarat sebagai pendonor darah. Selain itu, juga terbuka untuk umum, siapa saja boleh ikut menyumbangkan darah pada kegiatan ini.

Syarat umum yang harus dipenuhi sebelum melakukan donor darah, dikutip dari halodoc.com, adalah kondisi fisik harus dalam keadaan sehat, jasmani maupun rohani. Berusia 17-60 tahun. Memiliki berat badan minimal 45 kilogram. Suhu tubuh 36,6-37,5 derajat Celcius.

Tekanan darah harus berada di angka 100-160 untuk sistolik dan 70-100 untuk diastolik. Saat pemeriksaan, denyut nadi harus sekitar 50-100 kali per menit. Kadar hemoglobin minimal 12 gr/dl untuk wanita, dan minimal 12,5 gr/dl untuk pria.

Skrining donor darah
Suasana donor darah

Kegiatan donor darah berakhir menjelang waktu Zuhur. Tercatat oleh panitia, yang berpartisipasi datang sejumlah 168 orang, yang diskrining 161 orang. Namun, ada 19 orang yang tidak lolos skrining karena berbagai sebab. Sehingga total pendonor ada 142 orang, dan menghasilkan 142 kantong darah.

Demikianlah salah satu giat sosial dari unit QQ Peduli, lini dari Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an yang didedikasikan untuk kegiatan amal dan kemanusiaan. Semoga kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali ini bermanfaat untuk kita semua.

Ustaz Adi Prayogo mewakili QQ Peduli, mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua peserta dan seluruh pendukung acara. IPHI Weru dan Takmir Masjid Al Furqon, PPNI dan PMI Sukoharjo yang berkenan memfasilitasi pelaksanaan donor darah ini. Semoga bernilai pahala di sisi Allah ﷻ. Sebagai informasi, pelaksanaan donor darah selanjutnya dijadwalkan pada bulan Oktober 2023.

Posting Komentar untuk "IPHI Kecamatan Weru Bekerja Sama dengan Qoryatul Qur’an Gelar Donor Darah di Akhir Juli 2023"