Hari Ini Dimulai, Tazwid Kelas Akhir MTs dan MA 2023 Berlokasi di Komplek Kauman, Alasombo, Pucung, dan Gabeng

Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an menghelat kegiatan pembekalan untuk para santri kelas akhir tingkat MTs dan MA sebelum kelulusan. Kegiatan dengan nama “Tazwid Kelas Akhir Madrasah Tsanawiyah (MTs) & Madrasah Aliyah (MA) Tahun 2023” dimulai hari ini, Jumat, 2 Juni 2023.

Menurut jadwal kegiatan yang dirilis panitia, pelaksanaan tazwid akan digelar selama 5 hari, dari tanggal 2 hingga 6 Juni 2023. Tempat di komplek masing-masing, yakni Alasombo dan Kauman untuk santri putra, Pucung dan Asem Legi untuk santri putri. Diikuti sejumlah 114 santri MTs dan 99 santri MA.

Tazwid kelas akhir
Tazwid kelas akhir dimulai

Kegiatan pembekalan santri menjelang kelulusan yang diketuai oleh Ustaz Lathif Muhlisin ini bertujuan untuk mempererat ikatan dan hubungan santri dengan ustaz/ustazah dan pesantren. Dengan adanya tazwid, harapannya para santri setelah lulus terpupuk kesadaran dan kebanggaan terhadap almamater.

Membekali para santri yang akan terjun langsung ke masyarakat tentang pentingnya menjaga adab dalam berperilaku. Sejalan dengan visi dan misi pesantren yang ingin membentuk pribadi yang bisa menjadi teladan bagi masyarakat. Dengan begitu, nama baik almamater akan selalu terjaga.

Untuk santri yang hendak melanjutkan study, adanya pembekalan ini bertujuan meluruskan niat dalam menempuh pendidikan lanjutan tersebut, baik di dalam pesantren maupun di luar pesantren. Di manapun berada, terpatri dalam diri bahwa QQ is the best, pesantren ini selalu di hati.

Adapun jadwal kegiatan setiap harinya, ada sesi materi tazwid yang terbagi dalam 3 kali pertemuan. Sesi pertama dijadwalkan pukul 08.00-09.30 WIB, sesi kedua pukul 09.45-11.15 WIB, dan sesi ketiga 15.30-17.00 WIB. Penanggung jawab setiap sesinya diserahkan kepada korlap komplek.

Untuk santri putra, korlap komplek Kauman di bawah arahan Ustaz Rosyid, komplek Alasombo oleh Ustaz Rio Maryono. Sementara santri putri untuk korlap komplek Pucung dipercayakan pada Ustazah Fida dan Ustazah Rahma. Komplek Asem Legi, Gabeng, oleh Ustazah Fatimah dan Ustazah Tasya.

Pengisi materi tazwid di antaranya adalah Ustaz Setyadi Prihatno, S.Sos., M.P.I dengan tema besar Visi dan Misi Kaderisasi, lalu Ustaz Nashrudin dan Ustazah Niken Susilowati, S.Pd.I yang masing-masing membawakan tema Profil Alumni, Ustaz Hasyim Makmun Tohar dan Ustaz Hartanto, S.Pd.I tentang Sejarah Pesantren, Ustaz Edi Casedi, S.Pd.I., M.P.I tentang Adab Bermedsos, dan Ustaz Muhammad Negus tentang Bersyukur dan Bangga dengan Almamater Pesantren.

Juga ada Ustaz Agus Tansyah, S.Pd.I dan Ustaz Luthfi Zubaidi, Lc yang akan membawakan materi Karakteristik Gen 554, Ustaz Salman Al Farisi tentang Hidup dan Bermuamalah bersama Masyarakat, Ustaz Susanto dengan tema Pengenalan Firqah dan Organisasi Masyarakat, Ustaz Faris Ahmad, Lc tentang Pengenalan Dunia Kampus, dan Ustaz Lathif M tentang Bertahan, Bersabar, dan Berkarya di Jalan Kebaikan.

Selain itu, disiapkan juga materi tentang Pelurusan Niat Belajar yang akan disampaikan oleh Ustaz Bambang Wahyudi, SE dan Ustazah Ummi Saidah, tentang Metode Tsaqifa oleh Ust. Umar Ar’rifai, S.Pd.I, Praktik Wudu dan Salat bersama Ustaz Yusuf Nashrudin dan Ustazah Urfa, dan yang tak kalah penting adalah materi Perawatan Jenazah yang akan disampaikan oleh Ustaz Surya K dan Ustazah Erliana.

Materi pembekalan yang disiapkan panitia memang luar biasa pentingnya. Semua sarat dengan ilmu yang sangat sayang kalau sampai terlewatkan. Semoga kegiatan tazwid berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi para santri sebagai bekal dalam menjalani kehidupan pasca kelulusan.

Posting Komentar untuk "Hari Ini Dimulai, Tazwid Kelas Akhir MTs dan MA 2023 Berlokasi di Komplek Kauman, Alasombo, Pucung, dan Gabeng"