Ustaz Jaiman Abdullah Sampaikan Materi Bekal Terjun ke Masyarakat pada Kegiatan Tazwid Santri Qoryatul Qur’an Komplek Pucung

Rangkaian kegiatan Tazwid Kelas Akhir Tahun 2023 tengah berlangsung di 4 komplek PPTQ Qoryatul Qur’an. Yakni Alasombo dan Kauman untuk santri putra, Pucung dan Asem Legi untuk santri putri. Sesuai rencana, akan dilaksanakan selama 5 hari, sejak Jumat, 2 Juni 2023 hingga Selasa, 6 Juni 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan para santri sebelum kelulusan.

Salah satunya di komplek Pucung, tempat kegiatan tazwid untuk santri putri kelas 3 MA (Madrasah Aliyah). Pada hari ini, Sabtu, 3 Juni 2023 sekira pukul 10.00 WIB, para santri mengikuti sesi pembekalan yang disampaikan oleh Ustaz Jaiman Abdullah, selama kurang lebih satu jam.

Tazwid Kelas Akhid
Ustaz Jaiman sampaikan materi bekal bermasyarakat

Ustaz Jaiman Abdullah adalah sesepuh di unit MAQRA Qoryatul Qur’an Jetis, Krajan, Weru, yang sangat aktif dalam kegiatan pesantren terutama yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Dan kali ini beliau menyampaikan materi dengan tema Bekal Untuk Terjun ke Masyarakat.

Di hadapan santri putri kelas 12 MA berjumlah 69 santri ini, Ustaz Jaiman berbagi pengalamannya dalam kehidupan bermasyarakat. Harapannya tentu agar setelah kelulusan, para santri bisa bersosialisasi dengan baik dan bermanfaat bagi banyak orang di sekitarnya.

Menurut Ustaz Jaiman, sebagai pemuda terlebih di zaman akhir, penting sekali untuk mengadakan perubahan ke arah kebaikan dalam bermasyarakat. Adapun tahapan pertama adalah dengan meluruskan niat dan tujuan. Dasari semua amalan kita hanya berharap rida dari Allah ﷻ semata.

Harus berusaha semaksimal mungkin untuk meyakinkan masyarakat atau mencari simpati dengan mengedepankan adab dan akhlak. Adalah sangat penting sekali mendapatkan dukungan dari masyarakat sekitar untuk perubahan yang sudah kita rencanakan.

Ustaz Jaiman menyarankan agar membentuk komunitas dengan gerilya atau secara person ke masyarakat sekitar. “Jangan lupa, bahwa dalam menjalankan tahapan-tahapan tersebut, kita harus terus ikhlas, sabar, berhusnuzan penuh kepada Allah ﷻ dan penting untuk selalu istiqomah dalam menjalankannya,” pesan beliau.

Harapan dari pesantren, santri yang telah menyelesaikan belajar, bisa membaur ke masyarakat membawa pesan dan peran kebaikan. Mengamalkan ilmu yang dimiliki di tengah masyarakat dengan tetap mengutamakan adab dan akhlak. Tetap menjaga nama baik almamater di manapun berada.

Posting Komentar untuk "Ustaz Jaiman Abdullah Sampaikan Materi Bekal Terjun ke Masyarakat pada Kegiatan Tazwid Santri Qoryatul Qur’an Komplek Pucung"