Pembukaan Tazwid Kelas Akhir MTs & MA Tahun 2023 Ponpes Qoryatul Qur’an, Pantaskan Diri Demi Raih Rida Ilahi Rabbi

Kamis, 1 Juni 2023. Malam Jumat yang cerah, secerah hati para santri Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Qoryatul Qur’an yang telah menyelesaikan belajar di tingkat MTs dan MA. Sebelum kelulusan akan diselenggarakan tazwid atau pembekalan bagi mereka. Dan malam hari ini, rangkaian kegiatan tazwid dibuka secara resmi.

Adapun pembukaan tazwid ini digelar di masing-masing komplek. Santri MA putra di komplek Alasombo, santri MTs putra di komplek Kauman. Sementara untuk santri MA putri di komplek Pucung dan santri MTs putri di komplek Asem Legi, Gabeng.

Tazwid akhir tahun
Pembukaan tazwid di Pucung

Pada kesempatan membuka rangkaian kegiatan tazwid di komplek Pucung, Ustaz Nashrudin mengatakan bahwa ada pembekalan yang sifatnya penting, harus disampaikan kepada para santri yang akan lulus. “Sudah terjadwal dengan baik selama 5 hari kedepan, mulai Jumat besok sampai Selasa,” ungkap beliau.

Ustaz Nashrudin mengingatkan bahwa setiap proses belajar di pesantren ini tentu memiliki nilai lebih. Dari pendaftaran, belajar, hingga kelulusan, semua ada nilai meski hasil belum sesuai harapan. Misalnya proses dalam menghafal 30 juz ternyata tidak kunjung selesai. Semua itu tetap bernilai meski hasil belum tampak. Jangan sampai hal ini mematahkan semangat dan menganggapnya sia-sia.

“Setiap kita punya cita-cita maka harus bergerak ke arah tujuan itu. Langkah pertama, kedua, hingga terakhir sampai di tujuan, maka semua itu sama-sama pentingnya. Jadi yang bernilai bukanlah langkah paling akhir. Setiap hasil terbaik yang didapatkan adalah hasil proses dari langkah pertama,” kata beliau menyemangati.

Kita memang memiliki kewajiban berusaha dan hasilnya Allah yang menentukan, kita serahkan semua pada-Nya. Hasil yang kita dapatkan bukan hanya karena usaha kita semata, tapi tak lepas dari kehendak Allah ﷻ. Tetap bersyukur dan selalu istikamah.

Sementara Ustaz Edi Casedi menyampaikan bahwa urgensi dari acara tazwid adalah penyamaan frequensi dan persepsi para santri dengan para asatidz. Di antaranya tentang adab yang harus menjadi bagian dari pribadi muslim. Bahwa bertegur sapa dan bersosialisasi itu hal yang sama-sama harus dianggap penting, baik oleh santri maupun asatidz.

Tazwid menjadi kegiatan yang wajib diadakan untuk para santri sebelum mengabdikan diri di masyarakat atau melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, baik di dalam pesantren maupun di luar pesantren. Harapan pembekalan ini menjadikan alumni lebih mengetahui dan menjiwai visi dan misi pesantren.

Dengan demikian, para santri ketika berada di tengah masyarakat bisa menjadi teladan kebaikan dan adab. Dan yang utama, menjaga nama almamater pondok pesantren dengan baik. Semoga rangkaian kegiatan tazwid bisa terlaksana lancar dan mendapat keridaan Allah ﷻ.

Posting Komentar untuk "Pembukaan Tazwid Kelas Akhir MTs & MA Tahun 2023 Ponpes Qoryatul Qur’an, Pantaskan Diri Demi Raih Rida Ilahi Rabbi"